Kenapa Sih Kita Perlu Bikin Podcast? Ini Beberapa Alasannya ...

Kenapa Sih Kita Perlu Bikin Podcast? Ini Beberapa Alasannya ...

Belakangan ini, konten-konten podcast lagi ngetren banget nih. Hal ini diketahui dari meningkatnya jumlah pendengar podcast di Indonesia. Meski tentu saja belum semasif viewers di platform YouTube ya.

Podcast emang beda dari konten-konten YouTube yang menyediakan berbagai macam video. Podcast kan berbasis audio nih, jadi ya mirip radio juga sih.

Nggak ada ruginya buat kalian coba kok untuk bikin konten podcast. Tapi, kenapa sih kita perlu bikin podcast? Kalo kalian tertarik, kalian perlu simak nih beberapa alasannya seperti dikutip dari IDN Times berikut ini.

1. Konten audio bisa dinikmati kapan aja

1. Konten audio bisa dinikmati kapan aja Podcast bisa dinikmati kapan aja (shutterstock.com)

Podcast kan isinya konten-konten audio tuh. Jadi podcast jelas beda sama konten-konten YouTube yang berbasis visual. Podcast bisa dinikmati kapan aja sesibuk apa pun kita.

Toh, podcaster kan cuap-cuap aja tuh, kita juga nggak perlu ngeliat visual apa-apa. Ya, cukup didengerin aja deh.

2. Modalnya nggak besar kok, simpel aja

2. Modalnya nggak besar kok, simpel aja Modalnya nggak besar kok gengs, simpel aja (unsplash.com)

Podcast bisa dinikmatin kapan aja, di mana aja. Yang paling penting nih, cuma bermodal smartphone aja kalian udah bisa bikin sebuah konten podcast yang asik dan kece kok.

Modal seadanya yang kamu butuhkan cuam earphone yang ada mikrofonnya dan aplikasi perekam suara deh. Kalo pengin lebih pro lagi, kalian bisa download aplikasi edit audio. Kalian juga tinggal upload ke beberapa platform audio macam Spotify. Simpel kan?

3. Pembuatan konten lebih fleksibel

3. Pembuatan konten lebih fleksibel Kalian bisa bikin konten di mana aja gengs (vox.com)

Podcast tuh emang kayak radio kok. Tapi lebih fleksibel. Makanya, konten-konten podcast bisa dibuat kapan aja. Apalagi kalo kalian lebih banyak waktu senggangnya nih, hehehe.

Kalian cukup sediakan waktu barang 10-30 menit misalnya untuk membuat rekaman podcast. Udah gitu, kalian juga bisa ngerekam konten itu pas lagi nongkrong sama temen-temen kok. 

Topik yang diobrolin juga bisa apa aja kan. Tapi kalian perlu konsisten untuk menciptakan konten-konten baru biar pendengar kalian nggak bosen.

4. Kalian punya kendali atas konten kalian

4. Kalian punya kendali atas konten kalian Podcast kalian ya suka-suka kalian aja gengs (fineartamerica.com)

Kalian punya hak penuh atas kanal podcast kalian sendiri. Kalian punya keleluasaan untuk mengeksplorasi lebih banyak topik buat dibahas. 

Tapi ... kalian juga perlu menetapkan dulu genre podcast-nya. Kalian suka obrolan apa sih? Olahraga, horor, obrolan serius, atau bercandaan aja?

Penentuan genre itu akan memudahkan kalian mencari tema bahasan. Pendengar kalian juga bisa mengakses dengan mudah tuh. Selain itu, penentuan genre juga berguna untuk mencegah perbincangan yang nggak jelas juntrungannya hehehe.

5. Kalian juga bisa dapet penghasilan kok

5. Kalian juga bisa dapet penghasilan kok Kalian juga bisa dapet penghasilan dari podcast kok (treehugger.com)

Kalo kalian bisa membuat konten-konten menarik dan menyenangkan, kalian nggak cuma dapet sekadar penggemar aja gengs. Kalian juga bisa dapet ... uang!

Sejauh ini belum ada penerapan iklan lebih jauh kayak konten-konten YouTube sih. Tapi yang pasti, kalian bisa dapet pemasukan juga kok dari mengambil tawaran mengiklankan produk tertentu dari adlibs.

Pokoknya, podcast lagi tren banget sekarang ini dan kalian nggak ada alasan untuk nggak segera memulainya. Semuanya serba simpel kok, yang penting kalian punya tema obrolan yang seru aja gengs.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"