Kenapa Seseorang Bisa Hilang Ingatan Setelah Mabuk Alkohol?

Kenapa Seseorang Bisa Hilang Ingatan Setelah Mabuk Alkohol?

Kenapa ya seseorang bisa hilang ingatan setelah mabuk alkohol? Ada yang pernah mempertanyakan hal ini gengs?

Nah, buat kalian yang kepo banget kenapa bisa begitu, para ahli telah menemukan jawabannya kenapa bisa begitu. Terutama buat orang-orang yang abis mabuk alkohol secara berlebihan nih.

Hilang ingatan setelah mabuk berat disebut ... blackout (nbcnews.com)

Kondisi hilang ingatan setelah mabuk alkohol disebut sebagai "blackout". Blackout terjadi saat kita mengonsumsi terlalu banyak alkohol dan menyebabkan kadar alkohol dalam darah meningkat.

Seperti dikutip dari Kompas.com, kita bisa mengalami blackout saat kadar alkohol dalam darah mencapai lebih dari 14 persen. Namun, beberapa orang bisa mengalami kenaikan kadar alkohol dalam darah lebih cepat. Ya, pokoknya lebih rentan lah gitu.

Saat mengalami blackout, kita sebenarnya gak bener-bener kehilangan kesadaran kayak pas kita lagi tidur kok. Kita tetap bisa berinteraksi dengan banyak orang, bisa minum lebih banyak lagi, atau malah berkendara hingga muncul perilaku seksual berisiko. Parahnya, kita juga bisa juga tuh menghancurkan barang-barang.

Tau-tau udah kayak begini aja deh (leechapman.photos)

Kita emang gak akan mengingat semua perilaku tersebut karena alkohol mengganggu pengaturan ingatan jangka panjang dan jangka pendek dalam otak. Dampaknya, otak kita nggak bisa memasukkan hal-hal yang telah kita lakukan dalam ingatan.

Fungsi otak dalam mengolah memori baru akan kembali normal begitu efek alkohol itu hilang dan kita udah sadar gengs.

Selain blackout, ada juga brownout gengs. Orang yang mengalami brownout berarti dia gak bisa mengingat apa pun segala kejadian setelah mabuk, tapi ... mereka masih bisa mengingat peristiwa lain yang udah dialaminya.

Ada blackout, ada juga brownout (healthline.com)

Ingatan tentang peristiwa selama kita atau seseorang mabuk juga lebih gampang muncul kalo dipancing sama orang lain. Lewat obrolan misalnya.

Blackout nggak akan terjadi selama kita atau orang lain mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang wajar. Tapi yang perlu diwaspadai adalah kalo kalian berulang kali mengalami blackout gengs. Kenapa? Ini bisa menjadi tanda bahwa kita, kalian, atau siapa pun mereka, mengonsumsi alkohol di luar kemampuan tubuh.

Mengalami blackout juga bisa menimbulkan dampak yang lebih buruk loh, entah jangka panjang atau pendek. Perilaku berisiko yang kita lakukan bisa aja mengakibatkan cedera, trauma psikologis, masalah keuangan, hingga infeksi menular seksual jika kita secara gak sadar berhubungan seks dengan orang entah siapa dia. Waduh!

Nah kan (cosmo.ph)

Selain itu, seseorang yang mengalami blackout juga bisa mengalami kesulitan untuk berdiri, jalan, ngomong, atau melihat. Dampak jangka panjangnya blackout juga berkaitan dengan kebiasaan minum alkohol secara berlebihan dalam waktu lama.

Gangguan ingatan, keracunan alkohol, kecanduan alkohol, hingga kerusakan otak adalah beberapa contoh dampak jangka panjangnya gengs. Ngeri juga ya.

Kalo begini mah parah sih, gak inget apa-apa (verywellmind.com)

Ada solusi nih untuk mencegah hilang ingatan/blackout karena mabuk alkohol kita bisa menerapkan beberapa tips berikut.

1. Menghindari kebiasaan binge-dringking yang ditandai dengan mengonsumsi alkohol sebanyak 5 gelas atau lebih untuk laki-laki, atau sebanyak 4 gelas atau lebih pada perempuan. Semua dalam waktu yang sama: 2 jam.

2. Minum yang woles aja lah, disesap, jangan ditenggak langsung.

3. Minum segelas air putih, tujuannya ya untuk membatasi konsumsi alkohol.

4. Makan makanan berat sebelum dan selama kalian sedang minum-minum.

Nah loh, pas sadar bisa malu banget tuh (boredpanda.com)

Pokoknya kita perlu lebih bijak ya dalam mengonsumsi alkohol. Kita harus tanggung jawab sendiri dong. Yang penting mah kita perlu memberi batasan juga biar tetep sehat.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"