Kenapa Presiden Jokowi Nggak Pernah Sakit? Terungkap Rahasianya

Kenapa Presiden Jokowi Nggak Pernah Sakit? Terungkap Rahasianya

Presiden Jokowi  selama memimpin Indonesia sejak tahun 2014 lalu jarang diberitakan sedang sakit. Bahkan sebelum jadi Presiden pun, ketika Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta. Jokowi berusaha menjaga kesehatan dengan melakukan beberapa trik dan rahasianya agar selalu bugar.

Ayah Kaesang Pangarep ini mengatakan jika ia memiliki empat rahasia kenapa selalu jarang sakit. Yang pertama adalah kebiasaan Jokowi minum jamu di pagi hari. Kalau kebiasaan ini sudah sejak puluhan tahun lalu dilakukan Jokowi sebelum beraktivitas untuk menum jamu temu lawak yang dicampur jahe.

Jokowi pun rajin melakukan olahraga. Salah satu olahraga yang Jokowi lakukan adalah jalan pagi atau bersepeda. Biasanya dia melakukannya seminggu sekali di kawasan Istana Bogor, Jawa Barat. Saat melakukan olahraga, Jokowi sekaligus menyapa banyak warga yang ingin bersalaman dan berfoto dengannya.

Kenapa Presiden Jokowi Nggak Pernah Sakit, Terungkap Rahasianya (Detikcom)

Ada yang bilang penyakit muncul karena pikiran seseorang atau stres. Jokowi tidak pernah stres karena banyak pikiran. Tentu sebagai Presiden banyak beban dan masalah negara yang harus dia selesaikan. Jokowi berusaha memfilter masalah itu dengan mengendapkan pikiran. “Kalau bahasa Jawanya ngendepke pikir, saat banyak persoalan tidak selesai endapkan pikiran saja,” kata Jokowi dilansir dari Tempo.

Tidur cukup juga menjadi penyebab Jokowi selalu sehat. Selain tidur di malam hari, jika berada dalam perjalanan jauh, Jokowi mengusahakan untuk tidur meski hanya sebentar. Misalnya tidur selama 15 menit di mobil dan berada di pesawat sekitar 30 menit, cukup bagi kakek Jan Ethes itu.

Konon Jokowi juga dalam seminggu sering melakukan puasa Senin-Kamis. Puasa Senin-Kamis adalah kebiasaan yang sering dilakukan orang Jawa. Seorang ahli kesehatan bernama Longo asal University of Southern memaparkan bahwa puasa bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena pencernaan akan beristirahat sekitar 14 jam dan efeknya penyakit yang masuk lewat makanan bisa dikendalikan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"