Kenapa Banyak Warga Timor Leste Ingin Negaranya Bersatu Lagi dengan Indonesia Setelah 21 Tahun Merdeka?

Kenapa Banyak Warga Timor Leste Ingin Negaranya Bersatu Lagi dengan Indonesia Setelah 21 Tahun Merdeka?

Timor Leste adalah sebuah negara yang dulunya pernah jadi bagian dari Indonesia. Negara kecil ini berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur dan merdeka pada 30 Agustus 1999 lalu.

Pada 21 tahun yang lalu, Timor Leste pernah mengadakan jajak pendapat atau referendum. Mereka harus memilih untuk melepaskan diri atau tetap menjadi bagian dari Indonesia.

Hal ini disebabkan oleh gejolak yang terjadi selama 25 tahun sebelumnya. Timor Leste yang pernah jadi provinsi ke-27 Indonesia ini memutuskan untuk menjadi negara sendiri. 

Perbatasan Indonesia-Timor Leste (mediaindonesia.com)

Referendum dilaksanakan dengan dukungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Semua itu demi mengakhiri konflik berdarah yang terjadi. Timor Leste pun merdeka dan baru mendapat pengakuan dunia internasional 3 tahun kemudian.

Nah, setelah 21 tahun merdeka, terungkaplah sebuah fakta menarik. Banyak isu warga negara Timor Leste memilih untuk bergabung dengan Indonesia jika ada dan diberi kesempatan kedua.

Kenyataan ini menggemparkan banyak pihak karena bertolak belakang dengan keinginan warga Timor Leste 21 tahun yang lalu. Dulu, mereka menginginkan kemerdekaan, namun kini ingin kembali lagi. Kenapa bisa begitu?

Keinginan ini jelas bukan tanpa sebab. Bank Dunia mengungkap fakta di balik alasan warga Timor Leste ingin kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"