Kenapa Ali Jaber Lebih Akrab Disapa dengan 'Syekh' dan Bukan 'Habib'? Ini Alasannya

Kenapa Ali Jaber Lebih Akrab Disapa dengan 'Syekh' dan Bukan 'Habib'? Ini Alasannya

Orang-orang di Indonesia lebih mengenal sosok Ali Jaber dengan kata 'Syekh' di depan namanya. Itu adalah gelar untuk hafiz Alquran dan penceramah yang satu ini.

Syekh Ali Jaber lahir dan dibesarkan di Madinah, Arab Saudi. Nah, gelar 'Syekh' di awal namanya ini tampak berbeda dengan cara orang awam di Indonesia menyapa orang-orang keturunan Arab yang biasanya disapa dengan gelar 'Habib'.

Kenapa Ali Jaber lebih akrab disapa dengan 'Syekh' dan bukan 'Habib'?

Kenapa Ali Jaber lebih akrab disapa dengan 'Syekh' dan bukan 'Habib'? Syekh Ali Jaber, kenapa gak disapa 'Habib'? (globalwakaf.com)


Pendakwah ini terlahir dengan nama lengkap Ali Saleh Mohammad Ali Jaber. Dia lebih dikenal sebagai Syekh Ali Jaber. Menurut pengakuannya, gelar 'Syekh' sudah disematkan sejak dirinya masih duduk di bangku Sekolah Dasar di Arab Saudi dulu.

Gelar 'Syekh' juga disematkan lantaran dirinya sudah dikenal menjadi salah seorang hafiz atau penghapal Alquran. Dia juga adalah keponakan dari almarhum pamannya, seorang Imam Besar Masjidil Haram.

"Di lingkungan keluarga besar, para guru, kepala sekolah, memanggil saya Syekh Ali. Itu bukan sesuatu yang diharapkan apalagi diminta. Tapi diberikan begitu saja sebagai penghormatan," ungkapnya, dikutip dari Detik.com.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"