Kenalin Pseudobulbar, Penyakit Yang Bikin Joker Ketawa Terus Walau Lagi Sedih

Kenalin Pseudobulbar, Penyakit Yang Bikin Joker Ketawa Terus Walau Lagi Sedih

Buat kamu penggemar Joker pasti udah tau kalo sosoknya digambarin selalu ketawa dalam setiap suasana. Mau lagi senang, sedih, bahkan nggak ada apa-apa pun, dia bisa ketawa. Pas lagi nonton, kamu mungkin bingung dan bertanya-tanya, itu dia ketawa karena senang apa marah atau sedih sih? 

Ternyata kondisi seperti yang dialamin Joker itu nggak cuma mengada-ada dalam film. Dalam kehidupan nyata, kondisi yang dialamin Joker itu beneran ada lho. Iya, ada orang di dunia nyata yang kelakukannya mirip sama Joker. 

Kondisinya dalam medis disebut Pseudobulbar Affect (PBA). Hmm… Kebayang nggak sih kalo bukan dalam film, kira-kira kayak apa ya orang yang hidup dengan gangguan kesehatan ini.

Joker (standard.co.uk)

Apa sih PBA? 

PBA sendiri adalah kondisi waktu orang bisa tiba-tiba ketawa atau nangis tanpa sebab. Ya, tiba-tiba aja gitu. PBA juga sering disebut athological Laughter and Crying (PLC). Jangan nyangka kondisi ini adalah gangguan langka lho. Soalnya, di Amerika Serikat, ada sekitar 1 juta orang yang hidup dengan penyakit ini, gengs!

Penyakit kayak yang dialamin Joker (gq.com)

Gejala yang dialamin pengidap PBA

Kalo misalnya nih kamu ngalamin PBA, yang terjadi tuh ya kira-kira bakalan nangis dan ketawa melulu secara berlebihan. Nah, emosi pun bisa ikut kena dampaknya. Tapi tetap aja, kamu bisa ketawa ngakak waktu sedih dan super nangis pas lagi seneng-senengnya. 

Udah gitu, ekspresi yang dimunculka juga nggak sesuai dengan emosi. Kamu bisa keliatan senyum waktu sedih, keliatan ceria waktu marah, dan keliatan murung padahal lagi happy. 

Bukan depresi

Banyak orang yang mungkin ngira kalo Joker itu depresi. Ternyata, kondisinya berbeda, gengs. Pada orang yang mengidap PDA, sebenarnya tuh durasinya bisa lebih singkat dari depresi. Terus nih, orang-orang dengan PDA juga nggak ngalamin gejala-gejala depresi kayak adanya gangguan makan dan tidur.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"