Kekayaan Menteri Nadiem Makarim yang Akhirnya Tunda Kenaikan UKT

Kekayaan Menteri Nadiem Makarim yang Akhirnya Tunda Kenaikan UKT

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim  akhirnya menunda kenaikan uang kuliah tunggal atau UKT. Keputusan itu diambil setelah mantan bos Gojek itu bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan pada Senin (27/5) lalu.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Nadiem akan melakukan banyak evaluasi kepada sejumlah pihak terkait penundaan kenaikan UKT yang ditolak mayoritas mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Sosok Nadiem pun menjadi viral. Menteri termuda kedua di Kabinet ini dikecam bahkan ada yang memintanya untuk mundur sebagai menteri. Kekayaan Nadiem juga mendapat sorotan. Berapa kekayaan Nadiem yang dimilikinya?

Nadiem Makarim Tunda Kenaikan UKT (Gramedia)

Melansir dari pemberitaan, kekayaan Nadiem saat ini dikabarkan mencapai Rp 4,8 triliun pada tahun 2023 lalu. Jumlah kekayaan itu meningkat dari sebelumnya Rp 3,6 triliun. Kekayaan tersebut dilaporkan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disetorkan Nadiem kepada Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK).

Dari data yang masuk, Nadiem memiliki tanah dan bangunan yang tersebar di beberapa tempat di Jakarta Selatan, Gianyar, hingga Rote yang ditotal mencapai Rp 55,3 miliar, termasuk jumlah kekayaan dalam bentuk kendaraan pribadi, kas, dan setara kas. Nadiem juga memiliki utang. 

Nadiem sebagai menteri memiliki latar belakang pendidikan yang cukup mentereng. Selesai lulus SMA tahun 2002, ia kuliah di Universitas Brown Amerika Serikat dan melanjutkan mengambil gelar master di Harvard University dengan jurusan Master of Business Administration.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"