Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahunan Terakhir, Dan Terjadi Lagi!

Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahunan Terakhir, Dan Terjadi Lagi!

Ada beberapa penyebab jatuhnya pesawat terbang sebenarnya, bisa dari faktor alam, mesin dan kesalahan navigasi yang bisa berakibat fatal pada penerbangan dan parahnya seperti beberapa kasus pesawat jatuh belakangan ini.

Dalam kurun waktu 5 tahunan ini ada beberapa peristiwa mengenaskan terkait jatuhnya pesawat dan hal ini menimbulkan banyak korban jiwa dan kerugian besar.

Kira-kira peritiwa kecelakaan pesawat di Indonesia apa aja ya? yuk pantengin pristiwanya dibawah ini.

Potret Merpati Nusantara Airlines 6517 yang patah ketika mendarat (id.beritasatu.com)

Merpati Nusantara Airlines 6517 (Tahun 2013)

Kecelakaan pesawat di Indonesia yang pertama adalah peristiwa pesawat Merpati Nusantara Airlines 6517 di tahun 2013 silam. 

Pesawat jenis baling-baling tipe Xian MA60 dengan rute penerbangan Bandar Udara Soa-Bandar Udara El Tari yang mengalami hard landing saat mendarat di kupang.

Pesawat ini membawa 50 orang penumpang dan kru. Gak ada korban jiwa sih, namun dalam peristiwa tersebut ada sekitar 20 orang yang mengalami luka ringan dan sekitar lima orang mengalami luka serius.

Potret Lion Air JT 904 yang jatuh di laut(peru.com)

Lion Air JT 904 (Tahun 2013)

Peristiwa Kecelakaan pesawat di Indonesia yang kedua adalah pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 904 yang ber-rute penerbangan dari Bandung menuju Bali dan terjatuh 20 meter dari daratan 300 meter barat daya dari ujung landasan. 

Pesawat ini terjatuh di laut dangkal di dekat Bandara Ngurah Rai, Bali. Gak ada korban jiwa sih dalam pristiwa ini namun ada sekitaran 45 orang yang mengalami cedera.

Penyebab terjadinya kecelakaan ini diduga karena human error dan cuaca yang buruk. Awalnya sih pesawat ini dikendalikan oleh Kopilot, kemudian dalam posisi ingin mendarat pilot mengambil alih kembali kendali pesawat. 

Namun menurut laporan dari Komite Nasionall keselamatan Transportasi (KNKT), pilot gagal melihat secara akurat apa yang ada didepan karena hujan deras dan kabut yang tebal.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"