Kebakaran Hutan Sebabkan Fenomena Langit Merah di Jambi

Kebakaran Hutan Sebabkan Fenomena Langit Merah di Jambi

Kebakaran hutan yang tak kunjung teratasi sebabkan fenomena langit merah di Jambi.

Baru-baru ini, media sosial dihebohkan dengan fenomena langit merah di Jambi. Yap, langitnya jadi berwarna merah gengs. Ini serem banget!

Fenomena langit merah Jambi itu terjadi di Desa Pulau Mentaro, Kecamatan Ilir, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

Fenomena ini sontak membuat suasana jadi sangat mencekam. Warga terpaksa menyalakan lampu di siang hari. Mereka juga menyalakan kipas angin demi mengusir asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang tak kunjung teratasi.

Kabut asap yang dirasakan warga memang sangat pekat. Parahnya, cahaya matahari pun tak diizinkan bersinar. Akibatnya, langit pun tampak berwarna merah.

Suasana desa itu pun tiba-tiba seperti malam hari. Menurut seorang warga, kejadian itu terjadi pada Sabtu (21/9/2019) lalu, sekitar pukul 10.42 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

"Saya dapat kiriman video dari sepupu saya, Ummu Ria, jam 10.42 WIB udah mulai merah langitnya, kak. Azan dzuhur udah mulai gelap," jelas Mardiana, seorang warga Kabupaten Muaro Jambi, seperti dikutip dari Kompas.com.

Sementara warga lainnya bernama Eko, menceritakan bahwa angin kencang sempat membuat desanya terselimuti asap pekat itu kian mencekam.

"Tiupan angin memang kencang, disertai suara gemuruh api yang membakar lahan yang berjarak dua kilometer lagi dari pemukiman warga setempat," katanya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"