Kawasan Wisata Gunung Bromo Ditutup Selama Perayaan Hari Raya Nyepi

Kawasan Wisata Gunung Bromo Ditutup Selama Perayaan Hari Raya Nyepi

Kawasan Wisata Gunung Bromo yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, akan ditutup untuk wisatawan. Tapi kalem gengs, buat kalian yang berencana ke sana deket-deket ini, penutupannya berlangsung pada 7-8 Maret 2019 kok. 

Penutupan itu terkait perayaan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada tanggal tersebut.

Kawasan Wisata Gunung Bromo (beritagar.id)

Penutupan kawasan wisata ini ditujukan untuk menghormati mayoritas masyarakat yang mendiami kawasan tersebut. Terlebih kepada suku Tengger yang mayoritas menganut agama Hindu.

Penutupan kawasan wisata tersebut berdasar pada surat edaran yang diterbitkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Surat itu diedarkan pada Rabu (27/2/2019) lalu. Kawasan itu akan ditutup mulai pukul 05.00 WIB pada Kamis (7/3/2019) hingga pukul 05.00 pada Jumat (8/3/2019).

Surat edaran penutupan Kawasan Wisata Bromo (twitter @yusufgunawan)

Surat edaran TNBTS itu menyebutkan, "Penutupan kegiatan wisata Gunung Bromo ini dalam rangka pelaksanaan Catur Bratha Penyepian Tahun Baru Saka 1941-2019 Masehi."

Nah, penutupan ini akan diberlakukan untuk semua pintu masuk ke kawasan tersebut. Beberapa di antaranya adalah Pintu Masuk Cemorolawang (laut pasir), Pintu Masuk Wonokitri (Penanjakan), hingga Pintu Masuk Coban Trisula.

Oleh karena itu, calon pengunjung yang sebelumnya berencana mengunjungi Bromo pada tanggal tersebut agar segera menentukan destinasi alternatif.

Barangkali kalian bisa ke Batu atau Malang (jejakpiknik.com)

Sarif Hidayat, Kepala Sub Bagian Data Pelaporan dan Humas TNBTS, menyarankan agar calon wisatawan memilih kawasan-kawasan wisata lainnya di sekitar Kabupaten Probolinggo.

"Bisa ke Batu yang banyak juga destinasi wisata menariknya, atau ke Malang Selatan melihat pantai selatan Malang," kata Sarif, seperti dikutip dari Kompas.com.

Kalem, Bromo cuma ditutup sementara kok (travel.kompas.com)

Tidak hanya Bromo, kawasan wisata Gunung Semeru yang masuk dalam kawasan taman nasional itu juga sudah ditutup. Namun, penutupan kawasan Semeru terjadi sejak awal tahun ini. Penutupan Semeru ditujukan untuk keperluan pemulihan ekosistem.

Demikian, para wisatawan disarankan untuk mengunjungi kawasan wisata lainnya. Dan kalau kalian udah ada rencana ke sini pada tanggal yang sama, segera buat rencana baru ya gengs.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"