Kawan dan Musuh Bill Gates Berpulang, Meninggalkan Harta Tanpa Waris

Kawan dan Musuh Bill Gates Berpulang, Meninggalkan Harta Tanpa Waris

Hari ini adalah hari yang menyedihkan bagi dunia teknologi. Co-founder Microsoft, Paul Allen telah meninggal pada usia 65 tahun karena komplikasi dari limfoma non-Hodgkin. 

Perintis teknologi komputer ini telah bergulat dengan kanker selama bertahun-tahun dan telah menerima perawatan dari tahun 2009. Dia meninggalkan saudara perempuannya dan tidak punya anak. 

Paul Allen sebelum meninggal dunia (globalnews.ca)

Pengaruh Paul akan terasa untuk waktu yang lama. Dia terkenal karena menciptakan Microsoft bersama Bill Gates pada tahun 1975. Meski sempat bermasalah, ia mendapatkan namanya di tempat yang layak sebagai co-founder. 

Salah satu peran pentingnya adalah dengan mendapatkan kesepakatan yang menentukan arah Microsoft menjadi raksasa teknologi. Paul memimpin kesepakatan untuk membeli Sistem Operasi Quick and Dirty milik Tim Paterson pada tahun 1980. 

Dengan kesepakatan ini perusahaan dapat mengajukan kesepakatan untuk memasok DOS pada PC pertama milik IBM. Paul sempat hanya seorang karyawan penuh hingga 1982, tetapi dia tetap di dewan perusahaan sampai tahun 2000 dan diminta untuk tetap menjadi penasihat eksekutif setelahnya.

Paul dan Bill saat masih muda (news.joins.com)

Cerita Paul bersama Microsoft hanyalah awal pengaruhnya di dunia teknologi. Dia sendiri merupakan seorang penemu dengan 43 paten di Amerika Serikat sekaligus merupakan salah satu investor paling terkemuka di dunia teknologi. 

Secara pribadi, Paul mendukung SpaceShipOne milik Burt Rutan, sebuah perusahaan transportasi luar angkasa Stratolaunch Systems, dan mendirikan Viulcan Aerospace untuk membuat perjalanan ruang angkasa menjadi lebih mudah diakses. 

Dia telah mengakuisisi saham raksasa telekomunikasi kabel Charter dan perusahan penjual tiket Ticketmaster. Tim Vulcan Capital miliknya telah berinvestasi di banyak startup. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"