Kasus Covid-19 Naik Signifikan saat Libur Panjang, Jokowi Masih Khawatir Mengenai Mudik Lebaran 2021

Kasus Covid-19 Naik Signifikan saat Libur Panjang, Jokowi Masih Khawatir Mengenai Mudik Lebaran 2021

Meski pemerintah telah resmi memberlakukan larangan mudik lebaran pada tahun 2021 ini. Nyatanya 7% 18,9 juta masyarakat Indonesia diprediksi masih akan tetap pulang ke kampung halamannya.

Mengenai hal tersebut, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta pemerintah daerah untuk mengatur agar tak ada masyarakat yang mudik Lebaran 2021 terhadap warga yang bersikeras mudik Lebaran 2021 meski sudah ada larangan.

"Saya betul-betul masih khawatir mengenai mudik di Idul Fitri," ujar Jokowi saat memberikan pengarahan kepada kepala daerah se-Indonesia di Istana Negara Jakarta, sebagaimana dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, pada Kamis (29/4/2021).

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (South China Morning Post)

Dia pun meminta pemerintah daerah untuk terus menyampaikan kebijakan larangan mudik Lebaran 2021 agar jumlah warga yang berniat ke kampung halaman semakin berkurang. Selain itu, dia juga mengingatkan kepala daerah terus mensosialisasikan protokol kesehatan.

"Yang paling penting kita menekankan sekali lagi disiplin yang ketat terhadap prokes, kuncinya ada disitu. Kunci ada disitu disiplikan masyarakat secara ketat melalu protokol kesehatan," katanya.

Jokowi tak ingin Indonesia mengalami lonjakan kasus Covid-19 seperti yang terjadi di India. Dia menyebut kasus aktif Covid-19 di India menembus 350.000 orang dalam satu hari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"