Karakter Pandawa Lima, Tokoh Utama Mahabarata

Karakter Pandawa Lima, Tokoh Utama Mahabarata

Kita sering banget nonton film super hero dan terpukau sama kekuatan mereka. Rasanya hebat banget punya kempuan khusus dan berjuang melawan penjahat. Jadi ngefans ya gengs?

Padahal, di cerita-cerita pewayangan juga banyak tokoh-tokoh baik yang bisa dijadikan teladan. Mereka gak cuma punya kekuatan yang keren. Tapi juga punya karakter dan budi pekerti yang bisa dijadikan teladan.

Karakter Pandawa Lima

Karakter Pandawa Lima (YouTube.com)

Kali ini kita ulas soal karakter tokoh utama dalam kisah Mahabarata. Karakter Pandawa Lima yang tangguh dan baim hati.

Pandawa berasal dari bahasa sansekerta yang berarti anak Pandu (Dewanagari). Beliau adalah raja Hastinapura dalam kisah Mahabharata. Pandawa Lima adalah puta mahkota dari kerajaan Hastinapura.

Kelima putra Pandu itu memiliki kekuatan yang hebat dan jiwa kesatria. Pandawa punya musuh yang bernama kurawa. Anak dari saudara Pandu. Perang hebat memperebutkan kekuasaan adalah kisah utama dari Mahabarata.

Biar lebih kenal sama Pandawa, berikut ini karakter dan kekuatan masing-masing Pandawa.

1. Bima

1. Bima Bima (bbc.co.uk)

Bima merupakan anak kedua dari Pandu Dewanata dan Dewi Kunti. Bima punya nama kecil Sena. Bima dalam bahasa sanskerta memiliki arti 'mengerikan. Emang sih, perawakan Bima paling besar kayak raksasa.

Bima jelmaan dari dewa bayu, jadi Bima juga dijuluki Bayusutha.  Karakter Pandawa Lima Bima sangat kuat, memiliki tubuh yang tinggi besar, dan pemberani, jujur, tabah, patuh, setia dan lemah lembut. Meskipun begitu dia memiliki hati yang baik. 

Karakter Pandawa Lima Bima ini bertarung menggunakan gada. Dia memiliki putra yang bernama  Gatotkaca, dan dalam versi jawa memiliki 2 anak lagi yaitu Antareja dan Antasena.

Julukan lain yang dimiliki Bima antara lain : Werkodara, Bayusuta, dan Bhimasena.

Biodata Bima:

Asal: Hastinapura, Kerajaan Kurukshetra

Istri: Drupadi, Arimbi, Walandara, Nagagini

Anak: Gatotkaca, Antasena, Antareja, Sutasoma, Sarwaga

Senjata: Gada Rujakpala

Pusaka: Kuku Pancakenaka, Alugara, Bargawa dan Bargawasta

Kemampuan Spesial: Menjadi tidak terlihat



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"