Kapsul Waktu Ini Disimpan Tahun 1939 dan Baru Boleh Dibuka 5.000 Tahun Lagi, Apa Aja Isinya?

Kapsul Waktu Ini Disimpan Tahun 1939 dan Baru Boleh Dibuka 5.000 Tahun Lagi, Apa Aja Isinya?

Ada yang sangat menarik perhatian dalam gelaran World's Fair di New York, Amerika Serikat (AS) tahun 1939 silam. Acara besar yang bertema masa depan itu diikuti dengan acara penyimpanan sebuah kapsul waktu.

Kapsul waktu itu disimpan dan baru boleh dibuka 5.000 tahun setelahnya. Berarti, kapsul waktu itu baru boleh dibuka tahun 6939 mendatang! Lama banget ya~

Kapsul waktu itu diyakini orang-orang saat itu sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari masa depan.

Kapsul waktu 5.000 tahun di AS (heinzhistorycenter.org)

Kapsul waktu itu berbentuk tabung sepanjang 7,5 kaki atau 228,6 sentimeter. Di dalamnya berisi berbagai macam benda yang mewakili era itu. Benda-benda beserta kapsul waktu itu pun sempat dipamerkan dulu sebelum benar-benar disimpan.

Kapsul waktu itu dibuat oleh sebuah perusahaan raksasa di bidang energi, Westinghouse. Kapsul waktu itu disebut-sebut yang paling ambisius di masa itu.

Perusahaan Westinghouse melakukan pendekatan ilmiah demi menciptakan kapsul waktu itu. Kapsul itu menggunakan bahan logam non-korosif yang disebut Cupoloy. Bahan itu sangat keras dan sengaja dibuat khusus untuk pameran.

Cupoloy sendiri merupakan senyawa yang terdiri dari 99,5 persen tembaga, 0,5 persen kromium, dan 0,1 persen perak. Kayaknya sih bakal kuat dan bertahan sampe ribuan tahun ya.

Tuh kapsul waktunya Westinghouse (untappedcities.com)

Dikutip dari Business Insider, mungkin Westinghouse membuat kapsul waktu itu karena terinspirasi dari Crypt of Civilization. 

Crypt of Civilization sendiri ada sebuah kapsul waktu berukuran sebesar kolam renang. Kapsul waktu itu disimpan dan dikunci rapat dan baru boleh dibuka tahun 8113 mendantang!

Kapsul waktu yang disimpan tahun 1939 ini mungkin yang paling fenomenal kala itu. Tapi ternyata, kapsul waktu tertua yang pernah ditemukan berasal dari tahun 1777 gengs. Kapsul waktu itu ditemukan pada November 2017 lalu di Burgos, Spanyol.

Btw, apa aja sih benda-benda yang dimasukkan ke dalam kapsul waktu dari tahun 1939 itu?

Jelas ada banyak benda yang dijejalkan ke dalam kapsul waktu Westinghouse itu. Di antaranya adalah barang-barang seperti alat perawatan laki-laki dan perempuan, mainan anak-anak, hingga berbagai bahan tekstil.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"