Kapan Kucing dan Anjing Bisa Disteril Setelah Melahirkan?

Kapan Kucing dan Anjing Bisa Disteril Setelah Melahirkan?

Mensterilkan hewan peliharaan adalah aspek penting dalam perawatan yang tidak hanya membantu mengendalikan populasi hewan peliharaan tetapi juga menawarkan manfaat kesehatan yang signifikan bagi kucing dan anjing. 

Bagi pemilik hewan peliharaan yang baru saja melahirkan anak kucing atau anak anjing, pertanyaan tentang kapan harus memandulkan induk kucing atau anjing menjadi sangat penting. 

Yuk, baca artikel ini sampai akhir tahu kapan sebaiknya kamu memandulkan induk kucing atau anjing setelah melahirkan, dengan mempertimbangkan implikasi kesehatan, pemulihan, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Kapan Waktu yang Tepat Mensterilkan Anjing dan Kucing Setelah Melahirkan?

Proses steril anjing (kompas.id)

Waktu ideal untuk memandulkan induk kucing setelah melahirkan yang disarankan dokter hewan biasanya sekitar 6 hingga 8 minggu setelah melahirkan. Atau, menunggu sampai anak kucing disapih.

Mirip dengan kucing, waktu yang disarankan untuk memandulkan induk anjing adalah setelah anak anjingnya disapih, biasanya sekitar 8 minggu setelah melahirkan.

Waktu tersebut ditentukan dengan pertimbangan anak-anak mereka yang masih menyusui. Selain itu, induk kucing dan anjing juga membutuhkan waktu pulih setelah melahirkan selama kurang lebih 6-8 minggu. Hormon induk juga bisa kembali normal di kisaran waktu tersebut. Sehingga akan lebih minim risiko jika melakukan operasi steril di dua bulan setelah melahirkan.

Mensterilkan kucing atau anjing setelah melahirkan merupakan keputusan penting yang membutuhkan waktu dan pertimbangan yang matang. Dengan menunggu hingga anak kucing atau anak anjing disapih dan induknya pulih setelah melahirkan, kamu dapat membantu memastikan prosedur yang aman dan sukses.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"