Kalian Tahu Istilah-istilah Ini? Buat Menggambarkan Perasaan Manusia Lho ...

Kalian Tahu Istilah-istilah Ini? Buat Menggambarkan Perasaan Manusia Lho ...

Kita, manusia, diciptakan Tuhan sebagai makhluk paling sempurna. Kita punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita juga dianugerahi akal, termasuk juga perasaan.

Nah, perasaan yang kita rasakan tuh ada bermacam-macam. Kadang baik, kadang buruk. Nah, menurut ilmu tentang perilaku manusia, berikut sifat, sikap, serta kebiasannya, ada beberapa istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan manusia tersebut.

Mungkin istilah-istilah ini jarang kalian ketahui. Biar kalian tau, simak deh daftarnya, seperti dikutip dari IDN Times berikut ini.

1. Avoidant

1. Avoidant Ada perasaan pengin menyendiri terus gitu (introvertdear.com)

Avoidant bisa dipahami sebagai perasaan ketika seseorang selalu atau sering ... menghindari interaksi sosial. Hal ini bisa terjadi di hampir semua orang karena kita merasa diri kita lebih rendah daripada orang lain.

Selain itu, ada ketakutan terhadap penolakan dari orang lain. Mereka yang 'avoidant' ini biasanya sering menyendiri.

2. Eccedentesiast

2. Eccedentesiast Mungkin kalian keliatan hepi, padadal di balik itu ... (shutterstock.com)

Kalian pasti punya deh temen yang punya karakter kayak gini: bisa sedih dan senang di saat yang bersamaan. Perasaan orang yang begitu disebut eccedentesiast. *Susah ya.

Kalo kalian mengalami ini, kalian akan merasa ada yang salah sama diri kalian. Kalo itu teman kalian, mungkin ada baiknya tanyakan langsung ke mereka ada apa. Kalo dia gak mau jawab ya gapapa, jangan dipaksa ya gengs.

3. Munchausen

3. Munchausen Kalian mungkin pernah melakukan hal ini, iya hal yang begini (roberthalf.com)

Munchausen adalah perasaan ketika seseorang pura-pura sakit atau bersikap berlebihan yang bahkan membahayakan dirinya sendiri untuk mendapat perhatian atau simpati dari orang lain.

Saat merasakannya, orang itu bakal merasa bersemangat banget untuh mengakui bahwa dirinya lagi sakit atau menderita. Dengan begitu, orang-orang akan bersimpati ke dia dan memberi perhatian lebih.

Nggak jarang kok orang begini memalsukan surat keterangan sakitnya demi tujuan-tujuannya.

4. Retrouvailles

4. Retrouvailles Saat ketemu temen lama, atau siapa aja, kalian pasti hepi deh (medicalnewstoday.com)

Retrouvailles adalah perasaan bahagia saat kita bisa ketemu temen, sahabat, keluarga yang udah lama nggak kalian jumpai. Mungkin juga mantan pacar.

Kalian pasti pernah lah mengalami perasaan ini. Rasanya kangeennnnn banget ....

5. Viscerotonia

5. Viscerotonia Keliatannya emang enak ya hidup kayak begini (thesuiteleague.com)

Kalo perasaan ini juga sama uniknya nih gengs. Jadi, perasaan ini akan dirasa ketika kalian suka makanan dengan cita rasa nikmat, suka menghabiskan waktu berjam-jam dengan seseorang yang bikin kita nyaman, suka santai dalam menghadapi masalah, bisa mengendalikan diri.

Itulah viscerotonia yang suka akan hal-hal yang mevvah. Termasuk juga rela membayar lebih mahal demi kenyamanan dan kenikmatan. Mereka ini emang menggemari segala kenyaman dan kenikmatan gengs. Apa kalian pernah ngerasain juga?

Nah, itu dia daftar istilah perasaan yang dirasakan manusia. Kalian semua pasti pernah merasakannya deh. Hehehe.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"