Kalian Percaya Kalo Tanaman Bisa Mendengar? Bisa Kok dan Ini Buktinya~

Kalian Percaya Kalo Tanaman Bisa Mendengar? Bisa Kok dan Ini Buktinya~

Kalian tau kalo ternyata tanaman tuh bisa mendengar? Kalian percaya gak nih? Soalnya, mereka ya makhluk hidup juga kan, sama kayak manusia atau hewan-hewan.

Jawabannya iya, mereka bisa mendengar kok. Soalnya selama ini kita mengetahui itu sebatas mitos aja gengs. Jadi katanya nih, kalo kia memelihara tanaman dan kita bicara pada mereka untuk tumbuh subur, mereka akan melakukannya.

Tanaman tuh bisa mendengar gak sih? (pixabay.com)

Terlepas dari benar tidaknya mitos tersebut, para ahli mencoba membuktikan bahwa tanaman memang dapat mendengar suara di sekitarnya.

Para ahli menemukan bahwa tanaman berbunga misalnya, dapat mendengar dengungan lebah yang lewat. Setelah mendengar, mereka akan memproduksi nektar yang lebih manis. 

Nektar itu diyakini sebagai respons yang akan memikat lebah untuk mengisap madu di nektar dan membantu penyerbukan mereka. Demikian, para ahli meyakini bahwa bunga secara teknis adalah telinga bagi tanaman.

Bunga itu "telinga"-nya tanaman (pixabay.com)

Penjelasan itu didapat setelah para peneliti mengamati bunga primrose malam (Oenothera drummondii). Gelombang suara sayap lebah lebih terasa lewat kelopak bunga. Dan saat itu pula, konsentrasi gula dalam madu di nektar bunga meningkat sekitar 20 persen.

Seperti diaporkan Science Alert, bunga-bunga itu disebut mampu menghilangkan suara mengganggu seperti suara angin. Lewat temuan tersebut, para ahli percaya bahwa peluang menyebarkan serbuk sari bisa lebih maksimal.

"Hasil penelitian kami dokumentasikan untuk pertama kalinya bahwa tanaman dapat dengan cepat merespons suara hewan penerbuk dengan cara yang relevan secara ekologis," tulis peneliti dari Universtas Tel Aviv, Israel.

Tanaman bisa mendengar kita kok (ourlocalcommons.com)

Para peneliti juga meyakini bahwa tanaman memiliki kemmpuan untuk menangkap getaran gelombang suara. Gagasan ini juga bisa menjelaskan kenapa banyak bunga yang bentuknya mirip mangkok. Kemungkinan besar agar dapat menangkap suara dengan lebih baik.

Demi mengetahui tanaman bisa mendengar, peneliti telah menguji lebih dari 650 bunga primrose malam. Pengukuran terhadap produksi nektar diukur saat tidak ada suara, suara pada tingkat frekuensi berbeda, dan gelombang suara dengung dari lebah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"