Kabar Terkini Pasien COVID-19 Pertama di Indonesia, Sita Tyasutami

Kabar Terkini Pasien COVID-19 Pertama di Indonesia, Sita Tyasutami

Sita Tyasutami tercatat sebagai pasien pertama COVID-19 asal Indonesia. Berita Sita terpapar COVID-19 terjadi pada Maret 2020 lalu. Ternyata perempuan yang tinggal di Depok, Jawa Barat ini tak sendiri karena ibu kandungnya  juga ikut dinyatakan positif COVID-19.

Dilansir dari Kompas, kala itu Sita mengalami gejala yakni diare dan muntah serta keringat dingin mengucur keluar dari tubuhnya. "Aku demam selama 10 hari, sehari bisa 3 sampai 4 kali ganti baju,"ujar Sita.

Diduga seorang Warga Negara Asing (WNA) adalah orang yang menularkan virus kepada Sita. Sita bersama sang ibu akhirnya memutuskan dibawa ke Rumah Sakit (RS) untuk  menjalani perawatan. Sempat didagnosa terkena pneumonia, akhirnya saat melakukan tes, akhirnya ia dinyatakan positif COVID-19.

Kondisi Sita Tyasutami di RS (Instagram @sitatyasutami)

Setelah dinyatakan sembuh dari COVID-19, Sita bisa bernafas lega. Dia dan ibunya bisa kembali menjalani aktivitas seperti biasa. Meskipun dirinya sempat mendapatkan komentar negatif dari para warganet karena disebut menjadi biang keladi penyebaran COVID-19 di Indonesia hingga menular ke seluruh Indonesia.

Kondisi mental Sita drop namun hal itu tidak terjadi dalam waktu yang cukup lama karena dia mendapatkan support dari orang-orang terdekatnya. "Teman memberi tahu kepada saya untuk tidak membuka sosial media dulu," kata Sita yang kini sudah kembali aktif di sosial media.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"