Juara Turnamen Dota 2 Dapat Hadiah Uang Jutaan Dolar

Juara Turnamen Dota 2 Dapat Hadiah Uang Jutaan Dolar

Esports kembali mendatangkan hadiah turnamen yang gila-gilaan. Jika beberapa waktu lalu ada anak muda usia belasan tahun yang mendapat uang jutaan dolar lewat kompetisi Piala Dunia Fortnite (https://paragram.id/tekno/gamer-muda-profesional-bergelimang-harta-baru-16-tahun-dapat-3-juta-dolar-9315) , kali ini giliran pemain dari kompetisi Dota 2. 

Tim OG dari Eropa berhasil memenangkan turnamen The International Dota 2 dari Valve yang berlangsung Minggu malam. Mereka mendapatkan hadiah uang yang tercatat sebagai rekor yakni $ 15,603,133 dari total hadiah $ 34,292.599.

Tim OG, pemenang The International 2019 (engadget.com)

Uang hadiah terbanyak dalam sejarah esports tentu menjadi rejeki nomplok bagi tim OG yang terdiri dari 5 orang anggota. Konsultan esports, Rod Breslau menunjukkan bahwa hadiah sebanyak itu kira-kira akan dibagi rata untuk masing-masing pemain OG sekitar $ 3,1 juta.

https://twitter.com/dota2ti/status/1165610341574668289

Boleh percaya atau tidak kalau hadiah turnamen ini seperti mengesankan bahwa pemain olahraga konvensional tampak dibayar rendah. Seperti Tiger Woods yang 'hanya' mendapatkan $ 2,07 juta di 2019 Masters. Bahkan juara tunggal Wimbledon Novak Djokovic dan Simona Halep masing-masing membawa pulang $ 2,9 juta.

Bahkan runner up, Team Liquid, mengumpulkan $ 4.458.038 secara kolektif. Jadi masing-masing pemainnya kurang lebih mendapat $ 892.000 per orang. Padahal jika dilihat dari popularitas tentu saja pemain esports kalah jauh jika dibandingkan dengan atlit-atlit tadi.

Tiger Woods dengan Nike (hypebeast.com)

Tetapi sebelum kalian memutuskan untuk meninggalkan raket dan menggantinya dengan keyboard dan mouse, ada banyak hal yang tentu saja harus dipertimbangkan. Hadiah di The International mungkin sangat besar, tetapi itu hanyalah satu kompetisi dalam Dota 2 selama setahun.

Berbeda dengan kompetisi olahraga konvensional yang banyak memiliki turnamen, tenis memiliki tiga Grand Slam lain selain Wimbledon. Atau kompetisi dengan pendapatan yang stabil seperti sepakbola.

https://twitter.com/Slasher/status/1165615255956938752

Dan pemain olahraga biasanya mendapat uang tidak hanya dari hadiah juara turnamen saja. Seperti Tiger Woods yang mungkin rekening banknya lebih banyak dapat transferan dari Nike. Atau sponsor lainnya.

Meskipun demikian, sulit untuk melihat angka-angka ini tanpa setidaknya mengangkat alis. Gim kompetitif sekarang melibatkan sejumlah besar uang, dan itu membuatnya sulit untuk diabaikan.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"