Jenis-Jenis Sampah Paling Banyak di Bumi, Pasti Pernah Kalian Buang Gitu Aja

Jenis-Jenis Sampah Paling Banyak di Bumi, Pasti Pernah Kalian Buang Gitu Aja

Jumlah produksi sampah plastik global terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan data yang dihimpun ScienceMag, pada 1950 silam, produksi sampah dunia berada di kisaran 2 juta ton per tahun. Tetapi, tahun 2015 lalu, produksi sampah melonjak jadi 381 juta ton per tahun. W-O-W!

Hal ini mengindikasikan peningkatan tajam hingga lebih dari 190 kali lipat. Rata-rata peningkatannya per tahun mencapai 5,8 juta.

Sampah ... kian meresahkan emang~ (nuscimag.com)

Asosiaosi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) serta Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun. 3,2 juta di antaranya adalah sampah plastik yang kebanyakan dibuang ke laut.

Sebagian besar sampah membutuhkan waktu lama untuk terurai. Perjalanan para sampah yang kita buang itu akhirnya berhasil pula mencapai garis finish-nya: lautan. Lantas, apa aja sih jenis-jenis sampahnya?

Biar kalian tau nih, ini dia jenis-jenis sampah yang paling banyak ditemukan di muka bumi ini. Kalian pasti pernah membuangnya begitu aja meski hanya sekali seumur hidup.

1. Puntung rokok

1. Puntung rokok Puntung rokok adalah yang terbanyak pertama (hindustantimes.com)

Ocean Conservancy, sebuah kelompok konservasi kelautan yang berbasis di Amerika Serikat mengungkap bahwa puntung rokok adalah jenis sampah yang paling banyak ditemukan di lautan.

Kelompok itu mengklaim telah mengumpulkan lebih dari 60 juta puntung rokok hanya di sekitar pantai di Washington DC. Mereka ngumpulin puntung rokok sejak 1986 lalu lho.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kebiasaan membuang puntung rokok sembarangan dilakukan jutaan manusia di seluruh dunia. Kebanyakan memang dibuang di trotoar atau selokan, tapi bermuaranya semua ke lautan.

Puntung rokok yang dibuang sembarangan berakhirnya di laut juga (inhabitat.com)

CNN melaporkan, ada sekitar 6 triliun rokok yang diproduksi setiap tahunnya. Itu berarti ada lebih dari 90 persen filiter yang mengandung plastik. Dan ... lebih dari 1 juta ton plastik setiap tahun diproduksi dari rokok.

Puntung rokok sendiri terbuat dari bahan selulosa asetat. Ini adalah jenis plastik yang butuh sekitar satu dekade untuk bisa terurai.

2. Kemasan makanan

2. Kemasan makanan Kemasan makanan, ini baru yang keliatan ya ... (sassymamasg.com)

Peringkat kedua jenis sampah yang paling banyak diproduksi di bumi ini adalah kemasan makanan. Sepanjang 2015 lalu, Our World in Data telah mengklasifikasikan berbagai jenis sampah yang paling banyak di dunia.

Urutan teratasnya ditempati oleh sektor kemasan makanan dan minuman. Totalnya bisa mencapai lebih dari 146 juta ton per tahun gengs! Ya ampun!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"