Jenis Ikan Predator Air Tawar, Justru Lebih Ganas Saat Malam Hari

Jenis Ikan Predator Air Tawar, Justru Lebih Ganas Saat Malam Hari

Jenis-jenis ikan predator air tawar  ada yang memiliki sifat nokturnal atau tidur pada siang hari dan aktif untuk mencari mangsa pada malam hari. Yang dimaksudkan dengan tidur tentu berbeda dengan hewan lain yan berbaring dan memejamkan mata.

Saat ikan tidur tetap dengan mata terbuka. Sebab rata-rata ikan tidak memiliki kelopak mata seperti hewan-hewan lain di darat, bahkan berbeda jauh denan manusia. Tidur pada siang hari, ikan akan bangun dan aktif saat malam hari untuk mencari mangsanya.

Dilansir dari situs Kementrian Kelautan dan Perikanan, terdapat beberapa jenis ikan predator air tawar yang melakukan rutinitas seperti itu. Berikut ini penjelasannya.

1. Longnose Gar

Longnose Gar merupakan jenis ikan predator air tawar yang masuk dalam kategori nokturnal. Predator ini berburu pada malam harii dengan menyerang mangsa-mangsanya dengan barisan giginya yang tajam. Ikan ini memiliki mulut yang kecil sehingga saat memakan mangsanya membutuhkan waktu. Mangsa Longnose Gar adalah ikan-ikan kecil. 

Longnose Gar (Shutterstock)

2. Red Bellied Piranha

Dari namanya saja sudah ada Piranha. Ikan piranha ini memang sudah sering terdengar sebagai ikan yang buas. Namun ikan predator jenis ini lebih menyukai mangsa seperti cacing krustasea, cacing, dan ikan. Bahkan pernah ditemukan Red Bellied Piranha makan seekor Capybara.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"