Jarang Diketahui, Ternyata Ini Alasan Kenapa Warna Cover Paspor Berbeda di Tiap Negara

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Alasan Kenapa Warna Cover Paspor Berbeda di Tiap Negara

Bagi kamu yang hobi traveling ke sejumlah negara, paspor menjadi salah satu dokumen penting yang nggak boleh sampai ketinggalan bahkan hilang. Namun, pernahkan kalian menyadari bahwa warna paspor berbagai negara memiliki warna yang berbeda-beda? Lalu apa sih alasan cover paspor tiap negara berbeda?

Nah, dikutip dari Suara.com, Rabu (9/3/2022) ternyata warna paspor ini sebenarnya memiliki makna tersendiri bagi tiap negara, lho.

Ini Alasan Mengapa Warna Cover Paspor Berbeda di Tiap Negara (Pikiran Rakyat)

Meski tidak ada peraturan terkait paspor, akan tetapi ada simbol atau lambang budaya, preferensi politik hingga agama atau kepercayaan lain yang mereka gunakan sebagai dasar pemilihan warna cover paspor. Misalnya saja, Indonesia beserta negara yang penduduknya beragama Islam biasanya paspornya berwarna hijau.

Sebagai informasi, hijau merupakan warna penting dalam agama tersebut sekaligus menjadi simbol dari alam dan kehidupan. Selain itu, negara anggota ECOWAS atau The Economic Community of West African States seperti Nigeria juga memilih hijau sebagai warna cover paspornya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"