Jarang Diketahui, Ini 6 Keunikan Vatikan, Negara Terkecil di Dunia yang Jadi Rumah Bagi Paus

Jarang Diketahui, Ini 6 Keunikan Vatikan, Negara Terkecil di Dunia yang Jadi Rumah Bagi Paus

Apa yang terbersit saat mendengar nama Vatikan? Yup, Vatikan adalah sebuah negara yang memiliki keunikan. Vatikan tidak bisa dipisahkan dengan sosok Paus, pemimpin umat Katolik di seluruh dunia. Tidak semua orang mungkin tahu bahwa Vatikan adalah sebuah negara bukan kota.

Vatikan adalah negara terkecil di dunia. Saking kecilnya Vatikan kadang dianggap sebagai kota di Italia. Memang letaknya dekat dengan ibu kota Italia, Roma. Jumlah penduduk Vatikan sangat sedikit, sekitar 1.000 jiwa. Walaupun “nyempil” di Italia, tetapi Vatikan memiliki bendera negara, lagu kebangsaan, hingga mata uang. Berikut ini ada beberapa keunikan lain dari Vatikan yang mungkin jarang diketahui publik.

1.    Negara yang Ingin Didatangi Miyabi

Maria Ozawa atau Miyabi ternyata sangat ingin mendatangi Vatikan. Mantan bintang porno asal Jepang itu pernah mengatakan keinginannya untuk menginjakkan kaki di Vatikan. “Ada satu negara Eropa yang sangat ingin saya datangi yakni Vatikan,” kata Miyabi dalam channel YouTube Daisuke Botak. Nampaknya Miyabi penasaran dengan kondisi Vatikan.

6 Keunikan Vatikan, Negara Terkecil di Dunia yang Jadi Rumah Bagi Paus (Kompas.com)

2.    Dipagari Tembok Panjang

Karena luasanya hanya 100 hektar, Vatikan memiliki pagar pembatas untuk melindungi negara tersebut dari serangan pihak luar. Pemerintah setempat membangun sebuah tembok sepanjang 3 kilometer, berbatasan dengan kota Roma. Jadi negara terkecil di dunia, Vatikan akhirnya berhasil menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia yang hendak melakukan perjalanan religi.

3.    Punya Gereja Terbesar di Dunia

Vatikan memiliki kedekatan dengan agama Katolik. Selain jadi tempat tinggal Paus, Vatikan juga jadi tujuan wisata religi umat Katolik dunia. Di Vatikan juga terdapat sebuah bangunan gereja Katolik terbesar di dunia, Basilika Santo Petrus. Gereja itu mampu menampung 60 ribu umat.

4.    Warga Diizinkan Bertemu Paus

Setiap hari Rabu, pemerintah Vatikan memberikan izin kepada warga lokal atau wisatawan untuk bertemu dengan Paus. Lokasinya berada di alun-alun Basilika Santo Petrus. Paus akan berbicara sekaligus memberikan berkat kepada seluruh orang yang menantikannya di hari Rabu itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"