Jarang Diketahui, Deretan Pemimpin Dunia yang Punya Keturunan Indonesia

Jarang Diketahui, Deretan Pemimpin Dunia yang Punya Keturunan Indonesia

Sejumlah pemimpin dunia punya keturunan Indonesia. Tentunya para pemimpin dunia itu membawa harum nama Indonesia. Sosok pemimpin dunia keturunan Indonesia bisa memberikan inspirasi kepada banyak orang. Beberapa di antaranya adalah Perdana Menteri yang namanya cukup populer. Siapa saja mereka?

Justin Trudeau

Yang pertama adalah Justin Trudeau. Justin adalah Perdana Menteri Kanada yang memiliki darah Indonesia. Nenek buyut Justin dari ibunya punya keturunan dari Indonesia. Cornelia Louisa Ldenvelt lahir di Padang pada 1808. Cornelia punya ayah orang Belanda dan ibu dari Nias.

Justin beberapa kali datang ke Indonesia. Yang terbaru ia bersama putranya Xavier Trudeau mengunjungi Indonesia dalam rangka perhelatan KTT Asean. Justin secara khusus menjalani pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi dan menghadri gala dinner KTT ASEAN mengenakan kemeja batik.

Pemimpin Dunia yang Punya Keturunan Indonesia (Britannica)

Yusof Ishak

Pemimpin dunia yang punya keturunan Indonesia adalah Yusof Ishak. Ia adalah presiden pertama Singapura. Selama lima tahun Yusof jadi orang nomor satu di Singapura dalam periode 1965-1970. Yusof memang lahir di Malaysia namun kedua orangtuanya adalah warga negara Indonesia.

Ayah Yusof berasal dari Sumatera Barat dan ibunya asal Langkat, Sumatera Utara. Ayah Yusof bukan orang sembarangan karena bangsawan yang memiliki keturunan dari bangsawan Minangkabau, Datok Jonathan.

Ahmad Zahid Hamidi

Giliran mantan Perdana Menteri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi punya keturunan Indonesia. Ayahnya bernama Raden Hamidi Abdul Fatah berasal dari Indonesia tepatnya di Kulon Progo, Yogyakarta. Sementara ibunya Tuminah Abdul Jalil berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Tapi Ahmaz Zahid justru dibesarkan oleh ayah sambungnya yang keturunan Tionghoa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"