Kalau kalian cermat saat menaiki sebuah Bus, pastinya kalian pernah kan mengalami bus kita mengisi bahan bakar dalam keadaan mesin tetap menyala?
Kenapa kok bisa begitu?
Apakah pengemudinya sampe lupa untuk mematikan mesinnya atau ada teknis nya sehingga mesin tetap dibiarkan menyala? Cari tahu yuk....
Dilansir dari Kumparan.com, Menurut senior Executive Officer After Sales PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Irwan Supriyono menjelaskan, salah satunya supaya menjaga kerja AC dan kompresornya tetap hidup sehingga kabin tidak pengap dan panas.
Demi Kenyamanan Penumpang
Bus di SPBU (Tribunnews.com)
"Biasanya sopir tidak mematikan mesin lebih pada untuk kenyamanan penumpangnya. Kalau dimatikan butuh waktu lama buat AC menstabilkan temperaturnya," jelas Irwan, saat dihubungi kumparan, Selasa (29/9).
Selain itu, Irwan menjelaskan perilaku tersebut juga upaya menjaga performa dan mesin berumur panjang. Ini karena umumnya mesin Diesel turbo beda dengan bensin mobil yang langsung boleh dihidup atau matikan.
Sebab mematikan atau menghidupkan mesin bus, sederhananya butuh prosedur khusus agar komponen turbonya terjaga.