Jangan Sampai Kena Tipu, Gini 5 Trik Mudah Membedakan Emas Asli Dan Emas Palsu, Sudah Tahu Belum?

Jangan Sampai Kena Tipu, Gini 5 Trik Mudah Membedakan Emas Asli Dan Emas Palsu, Sudah Tahu Belum?

Emas merupakan salah satu jenis investasi yang banyak dipilih oleh masyarakat karena dianggap lebih aman dan menguntungkan lantaran harganya yang cenderung selalu naik. Walaupun terbilang aman, tapi kamu harus mengetahui lebih dulu tentang keaslian emas sebelum memulai investasi. 

Hal ini mencegah terjadinya penipuan yang bisa saja terjadi bila kita mudah percaya perkataan orang lain yang mengklaim emasnya asli padahal palsu. Lalu bagaimana cara mengecek emas asli? Berikut 5 trik yang bisa dilakukan untuk mengetahui keaslian emas.

1. Perhatikan Fisik Emas

Cap Di Emas Batangan (IDX Channel)

Mengutip dari situs resmi PT. Antam Tbk, dijelaskan kalau perbedaan emas asli dan emas palsu dapat dilihat dari fisiknya. Umumnya, emas murni atau emas batangan punya tanda-tanda khusus, seperti cap yang menandakan kadar emas tersebut. Biasanya, tanda ini menggunakan satuan fineness, yang lazim dikenal dengan satuan karat dalam angka mulai dari 10K, 18K, dan 24K.

2. Gosok Emas

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggosok emas. Awalnya pegang emas dengan baik lalu coba gosok permukaan emas memakai telapak tangan atau telunjuk. Kalau warnanya tidak mengalami perubahan maka itu emas asli. Sebaliknya, jika warnanya memudar dan tidak seragam setelah digosok, maka bisa dipastikan itu emas palsu.

3. Gigit Emas



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"