Jangan remehkan serangga-serangga berikut ini. Soalnya, mereka punya sengatan paling mematikan loh.

Serangga emang hewan kecil sih. Jenis dan jumlahnya pun banyak banget. Mereka ada di mana-mana dan keliatannya nggak pernah dianggap sebagai ancaman serius ya.

Tapi tetep ya gengs, jangan sekali-kali kalian anggep remeh ya. Mereka emang kecil, sebagaimana hewan lainnya, mereka diciptakan untuk bisa bertahan hidup dengan persenjataan khusus. Beberapa di antaranya pun mematikan loh.

Justin Schmidt, seorang peneliti Amerika Serikat, meneliti soal sengatan dari beberapa serangga tahun 1983 silam. Dia menemukan bahwa terdapat tingkatan dari racun yang dikeluarkan dari sengatan serangga tersebut yang dijuluki sebagai Schmidt Sting Pain Index.

Cuma nggak semua serangga beracun tuh mengancam. Sebab, beberapa serangga memanfaatkan sengatannya untuk pertahanan diri mereka. Coba simak nih serangga-serangga yang punya sengatan paling mematikan.

1. Red fire ant

1. Red fire ant Red fire ant alias semut api (billclarkbugsperts.com)

Red fire ant atau semut api dengan sengatan berbahaya. Sengatan semut bernama latin Solenopsis ini masuk dalam kategori level 3. Jika tersengat, seseorang akan merasakan panas api yang membakar kulit.

Red fire ant umumnya bersarang di dalam tanah. Semut ini rata-rata hidup di Amerika dan banyak tersebar di Amerika Selatan dan wilayah selatan Amerika Serikat.

2. Red harvester ant

2. Red harvester ant Ini nih red harvester ant (antark.net)

Red harvester ant juga jadi salah satu serangga dengan sengatan paling menyakitkan. Serangga ini masuk dalam kategori 3 Schmidt Sting Pain Index. Di samping sengatan yang menyakitkan, semut ini ternyata juga bisa menyebabkan alergi.

Meski begitu, hewan ini nggak memakan daging, jadi mereka hanya menyerang ketika mereka atau sarangnya terancam aja.

3. Paper wasp

3. Paper wasp Paper wasp yang kalau nyengat sakitnya minta ampun (terminix.com)

Paper wasp juga merupakan salah satu serangga besar yang berbahaya. Mereka memiliki sengatan yang cukup mematikan karena masuk dalam kategori level 3. Hewan ini dijuluki tawon kertas karena mereka membuat sarang dari pohon yang telah mati atau sarang dari sari pohon yang berbentuk seperti kertas.

Jika tersengat, seseorang bisa merasakan rasa terbakar yang cukup lama. Meski begitu, paper wasp ternyata nggak agresif kok, mereka cuma menyerang ketika ada yang mengganggu sarang mereka.

Mereka hidup di berbagai belahan dunia, dan 22 spesies di antaranya tinggal di Amerika Utara.

4. Velvet ant

4. Velvet ant Velvet ant kelihatannya lucu ya, tapi ... (pestworld.org)

Velvet ant disebut juga "cow killer". Dia punya sengatan yang sangat menyakitkan serta masuk dalam kategori level 3 pula.Cow killer bukanlah semut yang agresif, dia juga menyerang kala merasa terancam aja.

Kebanyakan dari velvet ant ini hidup di Amerika Utara bagian barat daya, terutama di area gurun.

5. Bullet ant

5. Bullet ant Jangan main-main deh sama bullet ant (cnet.com)

Bullet ant merupakan salah satu serangga dengan sengatan yang sakit banget. Mereka menjadi salah satu jenis serangga dengan sengatan yang masuk dalam kategori level 4 Schmidt Sting Pain Index gengs.

Kalau kita tersengat, kita akan merasa panas dan rasanya seperti menginjak bara api atau tertancap paku. Dampak sengatan semut ini bahkan bisa bertahan hingga 24 jam loh.

Tapi kebanyakan dari mereka tinggal di Amerika Selatan, terutama di hutan-hutan di Nikaragua hingga Paraguay.



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations