Jangan Remehkan Mitos-Mitos Jawa Ini, Masuk Akal Ternyata...

Jangan Remehkan Mitos-Mitos Jawa Ini, Masuk Akal Ternyata...

Sadar atau tidak, jaman udah maju begini, sebenernya kita masih hidup bersama mitos loh. Tapi bukan berarti buruk ya. Kita yang hidup di Benua Asia, rata-rata punya mitos dalam kebudayaannya masing-masing.

Di Indonesia, Pulau Jawa adalah pulau yang paling padat penduduknya. Meski udah maju, orang Jawa pada umumnya juga gak pernah bener-bener terlepas dari mitos. Karena berbagai mitos itu udah diceritakan turun temurun.

Gengs, kalian jangan anggep remeh mitos yang diajarkan orangtua kalian. Sebenernya, mitos-mitos dalam tradisi Jawa tuh ada benernya juga loh. Kalo gitu simak dulu yuk daftar mitos Jawa yang sebenarnya masuk akal.

1. "Nyapu yang bersih, kalo nggak suaminya brewokan"

1. "Nyapu yang bersih, kalo nggak suaminya brewokan" Cowok brewokan sekarang malah digandrungin cewek-cewek ya... (elitedaily.com)

Jaman dulu, cewek suka sama cowok yang bersih dari brewok. Nah, mitos di atas dibuat untuk nakut-nakutin para cewek biar pas mereka menyapu, mereka bener-bener nyapu sampe bersih.

Dulu, cowok yang brewokan dianggap belum 'bersih'. Jadi kalo males beresin rumah, bisa-bisa cewek bakal dapet cowok yang nggak beres juga nantinya.

2. "Jangan duduk deket pintu, sulit dapet jodoh loh"

2. "Jangan duduk deket pintu, sulit dapet jodoh loh" Sist, jangan duduk di situ, nanti ga bisa dibuka pintunya (fatosdesconhecidos.com.br)

Duerrr... kayak kesamber gledek gitu pas denger ini. Mitos tersebut bertujuan untuk mendidik perempuan agar berlaku sopan. Soalnya, duduk di depan pintu tuh cuman menghalangi orang untuk keluar atau masuk aja sih. Bukan perkara susah dapet jodoh.

3. "Jangan duduk di atas bantal, nanti pantatnya bisulan loh"

3. "Jangan duduk di atas bantal, nanti pantatnya bisulan loh" Kalo gini kan jelas fungsi dan gunanya bantal (babycentre.co.uk)

Mitos ini dibuat untuk mengembalikan fungsi dan guna sebuah barang. Bantal kan emang empuk yak, tapi kalo males apalagi di rumah lantainya dingin gitu, kan enak duduk dialasin bantal.

Tapi bantal emang diciptakan untuk kepala. Nah, kalo bantal didudukin, bisa kotor. Apalagi kalo kamu kentut di situ. Baunya bersarang di situ tau... dih!

4. "Siul-siul pas malem tuh manggil setan"

4. "Siul-siul pas malem tuh manggil setan" Siul-siul terus gitaran, aduh... (wfuv.org)

Sebenernya nih ya... semua orang takut kalo ketemu setan, hantu, dan sejenisnya. Tapi mitos ini dibuat biar orang gak berisik pas malem-malem. 

Jaman dulu suasana desa kan selalu sepi tuh. Nah, daripada mengganggu tetangga makanya mitos ini disebarluaskan. Lagian, mitos ini juga bertujuan untuk menjaga kesopanan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"