Jangan Kaget! Ini 5 Ciri Khas Suku Minang yang Jarang Diketahui Orang Indonesia

Jangan Kaget! Ini 5 Ciri Khas Suku  Minang yang Jarang Diketahui Orang Indonesia

Suku Minang merupakan suku yang berasal dari Sumatera Barat. Suku Minang  biasanya disebut juga sebagai orang Padang. Suku Minang memiliki beberapa ciri khas yang berbeda dibandingkan suku-suku lainnya di Indonesia. 

Mungkin selama ini dalam kesehariannya orang Padang identik memiliki kepribadian yang terkesan pelit. Padahal sebenarnya mereka itu tidak pelit karena ada beberapa filosofi yang dilakukan, mulai dari ingin sukses saat merantau hingga pintar dalam mengatur keuangan. Berikut ini 5 ciri khas suku Minang yang mungkin masih jarang diketahui orang Indonesia.

1. Merantau untuk Sukses

Banyak orang Minang saat remaja dan dewasa memutuskan untuk merantau. Mereka merantau untuk mencapai kesuksesan dan bisa membuat bangga banyak orang di kampung halamannya. Daerah yang menjadi tujuan perantauan orang Minang di sekitar Sumatera Barat hingga Pulau Jawa.

Makanya banyak orang Minang yang mengadu nasib di Jawa, khususnya kawasan Jakarta dan sekitarnya seperti Bogor, Depok, Bekasi, hingga Tangerang. Saat merantau mereka bertemu jodoh dan akhirnya membangun keluarga.

Orang Minang yang Merantau (Tribun)

2. Menganut Sistem Matrilineal

Suku Minang memiliki sistem matrilineal yakni garis keturunan berdasarkan jalur ibu. Sistem  ini berbeda dengan suku lain yang menganut patrilineal atau jalur bapak seperti di Batak misalnya. Karena figur anak perempuan sangat diperhitungkan, maka dalam keluarga Minang, anak perempuan mendapatkan warisan yang lebih banyak dibandingkan laki-laki.

3. Aturan Tinggal Setelah Menikah

Masyarakat Minang memiliki beberapa aturan khususnya pada anak yang sudah menikah. Yakni laki-laki yang sudah menikah harus pindah ke rumah istrinya atau pihak perempuan. Jadi jika kebiasaan mayoritas orang Indonesia bahwa wanita akan mengikuti laki-laki setelah menikah, berbeda dengan suku Minang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"