Jangan Gali Lubang Tutup Lubang, Ini 3 Cara Menghentikan Kebiasaan Berutang

Jangan Gali Lubang Tutup Lubang, Ini 3 Cara Menghentikan Kebiasaan Berutang

Berutang memang nggak selamanya adalah hal buruk. Dalam kondisi mendesak, berutang bisa menjadi solusi tepat bagi sebagian orang. Tapi jangan keterusan ya. Kamu harus tahu cara menghentikan kebiasaan berutang agar kamu mau belajar mengelola keuangan dengan baik.

Perlu diketahui, meski hutang merupakan solusi untuk memecahkan masalah keuangan saat terdesak. Namun, berutang tidak membuat keuanganmu membaik. Justru terkadang, keuangan menjadi tidak stabil karena terlalu banyak berutang. Lantas, bagaimana cara menghentikan kebiasaan berutang biar nggak ketagihan? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Buat Catatan Pemasukan dan Pengeluaran Bulanan

Cara Menghentikan Kebiasaan Berutang (via Kompasiana)

Cara pertama agar kamu bisa berhenti dari kebiasaan berhutan adalah dengan membuat catatan tentang pemasukan dan pengeluaran bulanan kamu. Pastikan tidak ada transaksi keuangan yang terlewat untuk menjaga keakuratan catatan keuanganmu. Tulis setiap detailnya, termasuk pengeluaran dan pemasukan yang paling kecil sekalipun. Dengan begitu, kamu bisa membandingkan pemasukan dan pengeluaranmu, dan menyeimbangkannya.

2. Buat Rencana Keuangan yang Masuk Akal



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"