Jangan Dilewatkan! 5 Tips Merawat Sepatu Kanvas Biar Makin Awet dan Tetap Kinclong

Jangan Dilewatkan! 5 Tips Merawat Sepatu Kanvas Biar Makin Awet dan Tetap Kinclong

Sepatu merupakan salah satu jenis alas kaki (footwear) yang biasanya terdiri atas bagian-bagian sol, hak, kap, tali, dan juga lidah. Biasanya terbuat dari kanvas atau kulit yang menutupi semua bagian mulai dari jari jemari, punggung kaki hingga bagian tumit yang difungsikan untuk melindungi kaki dari kotoran berupa debu, kerikil, atau bahkan lumpur. 

Pengelompokkan sepatu biasanya dilakukan berdasarkan fungsi atau tipenya, seperti sepatu resmi (pesta), sepatu santai (kasual), sepatu dansa, sepatu olahraga, sepatu kerja, sepatu ortopedik, dan sepatu minimalis.

Sepatu berbahan kanvas banyak digemari karena terlihat santai sehingga memungkinkan dipakai untuk daily, baik di luar maupun dalam ruangan. Banyak orang beralasan memakai sepatu kanvas karena kenyamanannya.

Kamu pasti punya dong, sepatu berbahan kanvas di rak sepatu? Agar sepatu kanvasmu tahan lama, tentunya kamu harus merawatnya dengan baik dan benar. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini lima cara merawat sepatu kanvas dengan mudah supaya tahan lama. Simak artikel ini sampai selesai, ya Gengs!

Tips Merawat Sepatu Kanvas Biar Makin Awet (D-Laundry)


1. Jangan Langsung Dicuci Saat Kotor 

Jika sepatu kanvasmu kotor akibat terkena lumpur, cipratan air hujan, dan noda lainnya, sebaiknya jangan langsung dicuci, ya. Sebab, mencuci sepatu dalam keadaan masih kotor justru akan memperluas kotoran karena basah.

Untuk menghindarinya, kamu bisa menjemurnya terlebih dahulu dengan cara diangin-anginkan hingga kotoran mengering. Kemudian, setelah kerik, tepuk-tepuk sepatu sampai kotorannya terlepas dari sepatu kanvasmu. Dengan begitu kamu akan lebih mudah membersihkannya saat mencuci.

2. Cuci dengan Detergen atau Sabun Cuci Piring

Untuk membersihkan sepatu kanvasmu yang kotor, ada dua pilihan pembersih yang disarankan. Kamu bisa menggunakan detergen atau sabun pencuci piring ketika mencucinya.

Jika sepatu nggak terlalu kotor, gunakan sabun pencuci piring karena dianggap lebih ringan sehingga gak akan membuat warna sepatu pudar. Sebelum dicuci, sebaiknya lepaskan dulu semua tali dari sepatu dan sikat dahulu menggunakan air biasa.

Sesudah noda menghilang, sikat menggunakan sabun. Pakailah sikat yang berbulu halus agar bahan kanvas tidak rusak. Setelah selesai mencuci bilas dengan air hangat sampai bersih.

3. Jangan Lupa Bersihkan Bagian Dalam

Next, agar sepatu kanvasmu bersih dengan maksimal, jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam sepatu kanvas. Sebab, pada bagian dalam sepatu mudah kotor dan rentan bakteri yang menyebabkan bau kaki.

Caranya yakni cukup dengan sikat perlahan pada bagian dalam sepatu menggunakan sikat gigi. Atau juga bisa gunakan kain lap tebal untuk membersihkan bagian dalamnya. Lakukan dengan perlahan agar tidak merubah bentuk sepatu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"