Jangan Dibiasakan Ngaret, Gini Caranya Biar Kamu Bisa Tepat Waktu

Jangan Dibiasakan Ngaret, Gini Caranya Biar Kamu Bisa Tepat Waktu

Tips biar bisa jadi orang yang tepat waktu. Jangan ngaret lagi ya!

Tau nggak sih kalau salah satu kunci kesuksesan adalah dengan jadi orang yang selalu tepat waktu? Soalnya penting banget lho untuk bisa menghargai waktu. Baik waktu kita sendiri, maupun waktu orang lain. Kamu pasti nggak mau dong kelilangan kerjaan cuma gara-gara sering telat dalam berbagai kesempatan penting? 

Buat yang punya kebiasaan ngaret alias telat, jadi tepat waktu tuh mungkin susah banget ya? Kayaknya, udah berusaha sekuat tenaga pun, ujung-ujungnya ya telat melulu. Nah, kalau kamu pengen mengubah kebiasaan itu dan berhasil jadi tepat waktu, coba ikutin tips ini ya! 

Ubah kebiasaan ngaret (themuse.com)

Memotivasi diri

Pertama-tama, kamu perlu memotivasi dirimu sendiri. Kenapa sih kamu harus tepat waktu? Misalnya, waktu berangkat ke kantor tepat waktu, kamu jadi nggak buru-buru dalam nyelesein kerjaan, ada waktu lebih buat cek-cek email, atau baca berita dulu. Terus kalau mau meeting buat presentasi, dengan tepat waktu kamu jadi lebih siap dan nggak tegang. Bahkan, kalau datang lebih awal, jadi ada waktu buat baca-baca dulu dan mempersiapkan dirimu biar lancar semuanya. Ujung-ujungnya, kerjaanmu jadi lebih berhasil dan berjalan baik, kan?

Bikin to do list (express.co.uk)

Bikin rencana kegiatan setiap malam

Terlalu banyak kegiatan sampai jadi sering telat? Berarti kamu butuh bikin rencana kegiatan atau to do list setiap harinya. Bisa nih luangkan sedikit waktu tiap malam buat catat apa aja sih kegiatanmu besok, lalu susun berdasarkan prioritas. Jangan lupa buat reminder di handphone atau laptop biar kamu jadi tau waktu untuk segera beresin kerjaan dan siap berpindah ke tugas lain. 

Belajar memperkirakan waktu

Untuk masalah kegiatan yang jadi rutinitas harian, mestinya kamu udah bisa memperkirakan waktunya. Misalnya, berapa lama sih waktu yang dibutuhkan buat perjalanan, beresin tugas A, meeting, makan siang, ngerjain tugas B. Juga berlaku buat urusan pribadi, misalnya pergi ke laundry, masak, ketemu teman, beli kado, jenguk teman yang sakit, dan sebagainya. Kalau udah bisa memperkirakan waktu, semua bisa dijalankan tanpa ada satupun yang terlambat.

Lebih produktif dengan menghargai waktu (rubyconnection.com.au)

Selalu datang lebih awal

Kebiasaan baik lainnya yang bisa kamu lakukan adalah datang lebih awal. Nggak akan rugi kok kalau kamu selalu hadir duluan. Bahkan, kalau ada waktu kosong pun, bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal lain, misalnya baca buku, dengerin podcast, nonton, menulis, bikin perencanaan, atau lanjut beresin tugas sambil nunggu. Cara ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan tetap bikin kamu produktif lho.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"