Jamur Tangan Setan: Jenis Fungi yang Unik dan Menyeramkan! Penasaran?

Jamur Tangan Setan: Jenis Fungi yang Unik dan Menyeramkan! Penasaran?

Musim hujan begini, biasanya menjadi musim yang tepat untuk tumbuh dan berkembangnya jenis tanaman jamur (fungi). Pepatah lama dari masyarakat Betawi menyebutkan, "berjimbun bak jamur yang tumbuh di musim hujan, begitulah sifat jamur dalam kehidupan.

Jamur tangan setan (mushroomtable.com)

Pada umumnya, jamur bisa tumbuh dengan cepat saat musim hujan. Hal ini terjadi lantaran spora jamur akan lebih mudah untuk berkembang pada kondisi lembap.

Jamur itu apa, ya?

Jamur (fungi) adalah organisme tidak berklorofil dan bersifat heterotrof. Artinya, jamur gak mampu memproduksi makanan sendiri (fotosintesi) karena gak memiliki klorofil, sebagaimana tumbuhan pada umumnya.

Jamur atau fungi (nl.wikipedia.org)

Biasanya sih jamur bisa hidup dari sisa-sisa bahan organik (saprofit), seperti sisa batang kayu yang telah melapuk, tumpukan jerami, dan sisa-sisa tanaman yang dibiarkan menumpuk lama.

Hingga hari ini, peneliti tanaman sudah menemukan banyak sekali jenis jamur. Kurang lebih, ada 70.000 jenis jamur berhasil diidentifikasi. Sebagian bisa dimakan, sebagian yang lain masuk dalam kategori sebagai jenis yang beracun dan berbahaya untuk manusia.

Jamur tangan setan, lumayan bikin merinding, cuy.

Dari sekian banyak jenis jamur, ada satu jenis yang kalo kamu melihatnya bakal merinding. Jamur atau fungi ini disebut dengan nama Jamur Tangan Setan. Kenapa bisa begitu? Jangan beranjak dulu, cuy.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"