Jadi, Apa Ini Tanda-Tanda Alien Tuh Beneran Ada di Galaksi Lain?

Jadi, Apa Ini Tanda-Tanda Alien Tuh Beneran Ada di Galaksi Lain?

Kalian percaya gak kalo alien tuh beneran ada? Soalnya, sejauh ini bukti-bukti keberadaan mereka di Bumi seringkali tertangkap kamera. Ada yang percaya, ada juga yang menganggap itu cuma manipulasi kamera aja.

Yang bikin heran, kok manusia punya imajinasi tentang alien sampe mereka sering juga tuh muncul di film-film Hollywood. Ya, kalian pasti sering kan nonton film genre fiksi ilmiah yang menampilkan para alien. Entah mau menguasai dunia atau alien yang jadi baik. Mungkin juga menyelamatkan manusia dari kehancuran.

Hmm ... kebanyakan, alien digambarkan naik pesawat canggih macem piring terbang. Terbang dengan kecepatan cahaya dari planet lain dan galaksi lain. Mereka juga digambarkan seperti makhluk hidup dengan tampang yang aneh atau gak sempurna. 

Tapi teknologi mereka canggih dan manusia belum mampu menyaingi mereka. Makanya mereka sering ditampilkan seolah-olah ingin menguasai dunia.

Terus, yang jadi pertanyaan nih ... apakah makhluk dari galaksi lain itu beneran ada? Apa ini tanda-tanda bahwa alien tuh ada? Dilansir dari Liputan6.com, kita simak deh kuy tanda-tandanya.

1. Banyak bintang bertaburan di langit

1. Banyak bintang bertaburan di langit Banyak bintang di langit (boredpanda.com)

Seth Shostak, seorang astronom senior di SETI Institute, Amerika Serikat, mengatakan bahwa tidak ada bukti langsung yang menunjukkan adanya kehidupan di luar Bumi. Tetapi, alam semesta adalah rumah bagi banyak bintang.

Astronom yang pernah jadi penasihat untuk film fiksi ilmiah Hollywood ini tidak menemukan tanda-tanda apa pun berdasarkan penelitian yang dilakukan selama beberapa dekade terakhir. Mungkin, sekitar 50 persen bintang-bintang di luar angkasa itu merupakan planet.

Shostak memperkirakan galaksi Bima Sakti ini memiliki 1 triliun planet. "Tentunya, beberapa dari benda langit tersebut telah menjalani apa yang telah dialami Bumi dan mengembangkan kehidupan hingga akhirnya apa yang kita sebut sebagai kehidupan makhluk hidup," paparnya.

"Jika kita adalah satu-satunya makhluk cerdas di galaksi, atau di alam semesta, maka kita benar-benar sebuah keajaiban," tambahnya.

2. Ada banyak air di Tata Surya

2. Ada banyak air di Tata Surya Ada air gak sih di Mars? (sciencenews.org)

Air merupakan unsur utama kehidupan di Bumi. Tetapi, di sistem Tata Surya kita, air juga ditemukan di luar Bumi. Contohnya, benda cair yang ditemukan di Mars dalam jumlah yang melimpah.

Europa, salah satu bulannya Jupiter, juga memiliki lautan cair. Begitu juga dengan bulan Yovian, Callisto, dan Ganymede. Titan dan Enceladus, bulannya Saturnus juga kelihatan punya air tuh.

Bahkan Venus, planet tetangganya Bumi, mungkin punya sedikit zat cair di atmosfernya. Shostak mengatakan bahwa ini kabar yang menggembirakan, bahwa ada setidaknya tujuh benda langit yang memiliki cairan.

3. Evolusi di Bumi terjadi dengan cepat

3. Evolusi di Bumi terjadi dengan cepat Stromatolit di Australia (atlasobscura.com)

Para ilmuwan memperkirakan bahwa Bumi telah berusia 4,5 miliar tahun. Bukti awal kehidupan Bumi adalah bakteri berusia sekitar 3,4 miliar tahun yang disebut stromatolit di Australia.

Karena bakteri bersifat kompleks, para ilmuwan berpikir bahwa mereka muncul dari bentuk kehidupan yang mendapat pijakan di Bumi lebih awal. "Bukan sangat mustahil ada evolusi kehidupan karena ini terjadi sangat cepat," tegas Shostak.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"