Jabatannya Setingkat Menteri, Segini Gaji yang Diterima Bambang Susantono Sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara

Jabatannya Setingkat Menteri, Segini Gaji yang Diterima Bambang Susantono Sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara

Resmi sudah Bambang Susantono  menjadi Kepala Otorita IKN  (Ibu Kota Negara) Nusantara setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada (10/3) lalu. Bambang dilantik bersama Wakil Kepala Otorita IKN yakni Dhony Rahajoe. Keduanya akan bersama-sama menyiapkan strategi dalam menyiapkan pembangunan IKN Nusantara yang berada di Kalimantan.

Sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara, kira-kira berapa sih gaji yang diterima pria yang pernah menjadi Wakil Menteri Perhubungan ini? Kepala Otorita IKN memiliki jabatan dan kedudukan setingkat Menteri. Berarti jabatan itu ditunjuk, diangkat, dan diberhentikan Presiden.

Mengingat punya jabatan setingkat Menteri makanya Bambang kabarnya akan mendapatkan gaji dan tunjangan seperti yang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) 75/2000 Tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara dan Anggota Lembaga Tinggi Negara serta Uang Kehormatan Anggota Lembaga Tertinggi Negara.

Segini Gaji yang Diterima Bambang Susantono Sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara (Rakyat Merdeka)

Tunjangan para penyelenggara negara dimuat dalam Keputusan Presiden atau Keppres 68/2002. Gaji seorang Menteri ditetapkan sebesar Rp 5.040.000 dan mendapatkan tunjangan mencapai Rp 13.608.000 setiap bulannya Sehingga total keseluruhan pendapatan yang bisa disapatkan setiap bulannya mencapai Rp 18.648.000.

Kemungkinan jumlah tersebut akan bertambah karena sebagai pembantu tugas Presiden, maka para Menteri tidak hanya dapat gaji dan tunjangan saja melainkan mendapatkan tunjangan operasional yang jumlanya cukup besar.

Pendapatkan bulanan yang diterima oleh Bambang bisa jadi akan menambah total kekayaan yang ia miliki. Tercatat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau LHKPN yang dilaporkan pada 2014 lalu, Bambang memiliki harta sebesar Rp 3.929.537.807 dan 51.486 dollar Amerika Serikat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"