IPK Ridwan Kamil Cuma 2,7 di ITB Tapi Dapet 3,9 di Amerika, Kok Bisa Sih? Ini Penjelasannya

IPK Ridwan Kamil Cuma 2,7 di ITB Tapi Dapet 3,9 di Amerika, Kok Bisa Sih? Ini Penjelasannya

Siapa sih yang nggak kenal Ridwan Kamil? Ia populer banget, pernah jadi Wali Kota Bandung dan sekarang ia Gurbernur Jawa Barat. 

Kita pasti nggak ngira kalo orang secerdas Pak Ridwan juga pernah punya IPK jeblok. Ia sempat berkuliah di ITB dan lulua dengan IPK 2,7 aja. Beruntungnya, beliau bisa dapetin beasiswa master di luar negeri dengan IPK segitu.

Ridwan Kamil (tribunnews.com)

Melansir Kompas, Ridwan Kamil pernah bercerita kalo sempat diterima di 5 sekolah terbaik di AS. Tetapi, hanya University of California, Berkeley yang waktu itu nyediain beasiswa. Ia akhirnya masuk kampus Berkeley pada 1997. 

Karena mendapat kesempatan itu, ia bahkan harus berpisah dengan sang istri, Atalia untuk sementara waktu. Pak Ridwan juga mengaku dulu semasa kuliah di AS hidupnya penuh perjuangan. Ia bertahan hidup dengan cara ikutan jadi perancang bangunan di dinas tata kota wilayah Berkeley. 

Ridwan Kamil (kompas.com)

Selanjutnya, waktu kelulusan tahun 1999, dia juga sedih karena nggak ada yang menemaninya. Tapi beruntungnya, IPK Ridwan Kamil sangat memuaskan gengs, yakni 3,9. Mungkin mengejutkan jika kita melihat IPK sebelumnya waktu kuliah di ITB. 

Kok bisa sih bisa beda banget gitu? Pak Ridwan mengaku kalo kuliah di AS itu lebih gampang. Sementara itu, kampus di dalam negeri lebih pelit IPK. 

"Tesis saya tentang transportasi di Singapura. Nilai saya A dengan IPK 3,9. ITB mah pelit IPK saya cuma 2,7. Lebih gampang sekolah di Amerika," ungkapnya melansir dari Kompas. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"