Inilah Sosok Juru Kunci Merapi Saat Ini Dan Pesannya Soal Tanda Erupsi

Inilah Sosok Juru Kunci Merapi Saat Ini Dan Pesannya Soal Tanda Erupsi

Nama Mbah Maridjan sangat terkenal sebagai juru kunci Merapi. Bahkan beliau sempat menjadi bintang iklan produk minuman. Mbah Maridjan menyelesaikan tugasnya ketika erupsi Merapi tahun 2010. Lantas siapakah penggantinya sekarang?

Juru kunci Merapi merupakan abdi dalem Keraton Yogyakarta yang ditunjuk langsung oleh Sultan Kasultanan Yogyakarta untuk menjadi juru kunci. Juru kunci Merapi saat ini adalah Mas Bekel Anom Suraksosihono, atau Mas Asih. Beliau adalah putra Mbah Maridjan.

Para abdi dalem (twitter.com)

Sejak April 2011 Keraton Ngayogyakarto p telah menunjuk Kliwon Suraksohargo Asihono atau yang akrab disapa Asih sebagai pengganti Mbah Maridjan. Pak Asih tinggal sekitar 3 Km dari bekas rumah Mbah Maridjan. Asih pindah dan tinggal di Huntap, Karangkendal, Umbulharjo. Rumahnya tepat di samping Masjid Al-Amin

Tugas dari juru kunci Merapi itu ngasih informasi soal gunung pada pendaki. Soal apa yang boleh dan gak boleh dilakukan. Serta di mana jalur pendakian yang aman digunakan.

Kuncen juga bertugas menjaga gunung menggunakan firasat dan ilmu titen. Kalau keadaan genting segera kasih tahu ke warga setempat gengs. Kuncen juga menjadi pemandu dan melayani keluarga keraton yang melakukan ritual di Gunung Merapi. Misalnya melakukan Labuhan Merapi setiap tahun pada 30 Rajab



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"