Inilah Mbok Cikrak, Pahlawannya Para Pahlawan Devisa di Taiwan

Inilah Mbok Cikrak, Pahlawannya Para Pahlawan Devisa di Taiwan

Belum beranjak dari Hari Buruh Internasional kemarin, ada yang tahu nggak kalau kita punya buruh migran yang cukup berprestasi lagi mulia di Taiwan sana?

Kalau belum tahu, ia biasa dipanggil Mbok Cikrak. Konon, sosok perempuan asal Indramayu, Jawa Barat ini dikenal hampir lebih dari 200 ribuan pekerja Indonesia di negeri Chiang Kai-Sek itu.

Ia adalah buruh migran yang bekerja di berbagai sektor informal di sana. Kerja kerasnya membawa dirinya kini maju sebagai bos yang mengurusi tiket. Jasanya adalah melayani pekerja migran Indonesia untuk pulang pergi dari Taiwan ke tanah air.

Setiap harinya, ibu dari dua anak ini bekerja memandu TKI, makanya nggak heran deh kalau ia selalu nongol di Bandara Taoyuan, Taipei. Ia membagikan tiket, paspor, hingga identitas kependudukan sebelum para TKI melakukan proses check-in dan boarding. Begitu juga dengan urusan bea cukai, soal menemukan gerbang menuju pesawat, transit di Singapura atau Jakarta, serta klaim barang penumpang.

Facebook Mbok Cikrak

Bukan cuma itu, Mbok Cikrak juga sering membantu BMI memberi konsultasi serta memberikan pertolongan tertentu pada para TKI. 

Mbok Cikrak juga tampil mencolok dengan dandanan bak selebriti dan bicara dengan logat Banyumasan yang kental. Selain itu, si Mbok yang satu ini selalu menayangkan kerjaannya setiap hari di Facebook Live. Setiap kali live, si Mbok ini selalu mendapat respons baik dari para penggemarnya.

Mbok Cikrak punya lebih dari 210 ribuan penggemar di fanspage Facebook-nya, dengan interaksi yang cukup intens terutama dari kalangan Buruh Migran Indonesia (BMI). Media di Taiwan juga pernah menuliskan kisahnya, sementara SuaraBMI.com menyebut nama lainnya sebagai Jia Jia.

Facebook Mbok Cikrak

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"