Inilah 9 Makanan Penghilang Alergi Kulit yang Patut Dicoba

Inilah 9 Makanan Penghilang Alergi Kulit yang Patut Dicoba

Alergi bisa menyerang siapa saja. Biasanya bagian tubuh yang terkena alergi adalah kulit. Kalau udah gitu, biasanya penderitanya akan mengalami beberapa hal yang nggak nyaman seperti ruam, gatal-gatal, hingga kulit kemerahan. Ih, pasti ganggu banget deh.

Jalan satu-satunya yang ditempuh biasanya adalah mengonsumsi obat antihistamin. Namun ternyata ada beberapa hal yang bisa juga kamu coba selain mengonsumsi obat, yakni dengan sejumlah makanan penghilang alergi kulit berikut.  

Dilansir dari Everyday Health, pola makan yang sehat dapat membantu mengatasi berbagai macam kondisi medis, salah satunya adalah alergi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai makanan penghilang alergi kulit berikut ini.

1. Makanan yang mengandung probiotik

Ilustrasi Susu Probiotik (MyMilk.com)

Probiotik, yang umumnya ditemukan dalam makanan fermentasi, terbukti mengandung senyawa antiradang dan antialergi, terutama jika diberikan pada wanita hamil dan menyusui.

Misalnya, para ibu yang meminum susu probiotik selama dan sesudah kehamilan, dapat menurunkan risiko berkembangnya penyakit eksim pada bayinya hingga 50 persen.

Selain itu, sebuah studi dari Italia juga mengungkapkan, partisipan berusia 2-5 tahun yang mengidap rhinitis alergi mampu mengurangi gejala alerginya setelah meminum susu fermentasi yang mengandung Lactobacillus casei selama satu tahun.

2. Buah yang mengandung vitamin C

Buah-buahan yang mengandung vitamin C disinyalir dapat menghilangkan alergi. Secara tidak langsung, vitamin C dapat menghambat sel yang meradang agar tidak melepas histamin di dalam tubuh.

Selain itu, vitamin C dalam kadar tinggi bisa mengurangi kadar histamin dan membuat proses pemecahannya lebih cepat sehingga meredakan gejala alergi.

Vitamin C juga bisa mengurangi peradangan di dalam tubuh sehingga alergi dapat diatasi. Sebab, vitamin ini merupakan antioksidan yang mampu menghambat efek radikal bebas.

Buah yang mengandung vitamin C dan dapat mengurangi alergi misalnya jeruk, stroberi, apel, dansemangka.

3. Makanan yang mengandung bioflavonoid

Makanan yang mengandung bioflavonoid juga termasuk dalam daftar makanan penghilang alergi kulit. Sebab, nutrisi ini mampu mengurangi jumlah sel yang bereaksi terhadap alergen. Salah satu jenis bioflavonoid, quercetin, juga bisa mengatasi peradangan dan alergi.

Ada banyak makanan yang mengandung bioflavonoid quercetin, seperti apel, bawang bombay, hingga teh.

4. Makanan yang mengandung magnesium



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"