Ini Yang Harus Kamu Lakukan Kalo Ngerasa Salah Jurusan Pas Kuliah

Ini Yang Harus Kamu Lakukan Kalo Ngerasa Salah Jurusan Pas Kuliah

Tips buat mahasiswa yang ngerasa salah jurusan.

Ada satu masalah yang banyak dialami sama mahasiswa, yaitu ngerasa salah jurusan. Hmm. Kenapa bisa gitu ya? 

Sebenarnya banyak sih faktor yang menyebabkan mahasiswa ngerasa kayak gitu. Bisa jadi dari awal pun emang milih jurusan karena orang lain, misanya dipaksa orang tua, ikut-ikutan teman, cari jurusan yang lagi hits, atau cuma ngejar kuliah di kampus keren. 

Bisa juga pas udah ngelewatin semester-semester awal, baru berasa kalo kuliah di jurusan ini bukan yang kamu mau. Kemungkinan lain bisa juga karena kamu mendadak kehilangan minat pada jurusan itu. Bisa juga karena perkuliahannya terlalu rumit jadi kamu ngga tahan. 

Di masa-masa ngerasa salah jurusan, kamu mungkin bakalan galau setengah mati. Kalo emang berasal dari keluarga yang tajir sih, gampang lah buat langsung pindah kuliah. Itu pun kalo kamu nggak masalah ngabisin waktu karena harus mulai dari awal lagi. 

Kalo kamu ngerasa salah jurusan, terus gimana dong kehidupan perkuliahanmu? 

Kehidupan mahasiswa (fastweb.com)

Mempelajari bidang yang kamu suka di luar kelas

Lagi ngerasa salah jurusan dan pengen terjun ke bidang lain? Lho, kan kamu tetap bisa belajar apapun yang kamu mau, gengs. Ingatlah kalo belajar itu nggak mesti di kampus lho. Kamu bisa belajar di luar kelas, mau itu cari infonya di perpustakaan, internet, ikutan kursus, belajar sendiri di rumah, dan sebagainya.

Jangan lupain hobi (liveboldandbloom.com)

Mengembangkan hobi

Mungkin kamu udah melewati hari-hari yang berat di kampus dengan segala dramanya. Setelah beres kelas, kamu bisa tuh manfaatin waktu luang buat ngelakuin hobi yang menyenangkan. 

Namanya hobi sih bebas ya apa aja sesuai minat kamu. Misalnya menggambar, menjahit, fotografi, olahraga, main musik, nyanyi, berkebun, dan sebagainya. Ingatlah kalo hidupmu nggak cuma soal kuliah. Kamu juga harus bersenang-senang sambil mengasah kemampuan di bidang lain. 

Memperkaya diri dengan ilmu-ilmu baru

Misalnya nih, kamu kuliahnya kedokteran, tetap boleh dong punya keterampilan lain? Misalnya, belajar bahasa asing, belajar bicara depan banyak orang, belajar jadi penyiar radio, belajar nulis, atau belajar soal kecantikan. Belajar hal baru itu nggak pernah salah kok, gengs.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"