Ini yang Bikin Safron, Bisnis Taqy Malik Lebih Mahal Dari Emas

Ini yang Bikin Safron, Bisnis Taqy Malik Lebih Mahal Dari Emas

Meski Safron banyak yang tahu adalah bunga, sebenarnya komoditas satu ini terkenal sebagai rempah termahal di dunia. Bukan cuma khasiatnya yang bikin Safron dicari banyak orang. Tapi juga jadi peluang bisnis yang luar biasa.

Safron menjadi bisnis utama mantan suami Salmafina Sunan, Taqi Malik. Saffron berasal dari bagian tanaman Crocus Sativus yang awalnya banyak dibudidaya di Yunani. Karena banyak peminatnya, Safron udah dibudidayakan di Iran, India, Afganistan, Maroko, beberapa negara Eropa lain dan Amerika Serikat, Di Iran, sebagai salah satu penghasil terbesar Saffron.

Bunga Crocus Sativus (worldoffloweringplants.com)

Safron juga punya julukan emas merah. Bagian yang diambil adalah putik yang berwa Iran, India, Afganistan, Maroko, beberapa negara Eropa lain dan Amerika Serikat, Di Iran, sebagai salah satu penghasil terbesar Saffron. Dibutuhkan 150 bunga untuk memproduksi 1 gram benang saffron. Bisa memberikan warna keemasan pada makanan dan minuman.

Selain bahannya susah didapatkan, proses panennya juga lama gengs. Soalnya dipanen manual, satu-satu dipotong dengan hati-hati banget. Harga 1 gram Safron bisa lebih mahal dari harga 1 gram emas loh gengs. Hingga Safron dijualnya bisa per helai atau per gram.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"