Ini Tips Jitu Lolos Masuk UGM, Nggak Sulit Kok Asal Lakukan 5 Hal!

Ini Tips Jitu Lolos Masuk UGM, Nggak Sulit Kok Asal Lakukan 5 Hal!

Universitas Gadjah Mada atau UGM adalah salah satu kampus yang sering diincar mereka yang baru lulus SMA dan mau kuliah. Gimana nggak, kampus ini udah lama dikenal dengan kualitas pendidikannya yang bagus. 

Nah, tentunya agar bisa diterima sebagai mahasiswa UGM, kalian perlu berusaha. Di sini bakal dibagiin bagaimana cara lolos masuk UGM. Yuk, simak trik dan tipsnya gengs!

1. Pilih jurusan dan pertimbangkan passing grade

UGM (ugm.ac.id)

Tentu saja, kalian perlu memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat. Selain itu, sebenarnya kalian juga bisa mempertimbangkan passing grade jurusan-jurusan.

Setiap jurusan di PTN seperti UGM punya passing grade dan tingkat kelulusan yang beda-beda. Kalo mau, kalian bisa milih jurusan yang kompetitornya rendah namun tetap termasuk yang diminati kalian. Makin rendah persaingan, majin besar peluang lolos masuk UGM. 

2. Rajin latihan soal SBMPTN atau Ujian Tulis UGM

Di UGM, biasanya ada 3 jalur masuk seleksi mahasiswa baru. Ada SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Tulis UGM. Kalian bisa mendapat informasinya lewat laman resmi UGM.

Masing-masing jenis seleksi punya perbedaannya. SNMPTN misalnya, kelulusan ditentukan dari prestasi akademik di sekolah.

Nah, kalo nggak lolos SNMPTN, kalian bisa mencoba jalur SBMPTN dan Ujian Tulis UGM. Di dua jalur itu, ada tes ujian tulis yang berbasis komputer. 

Ada baiknya, kalian belajar giat dengan latihan soal SBMPTN dan Ujian Tulis UGM. Contoh-contoh soal bisa kalian dapatkan dari buku maupun internet. Atau, bisa juga dengan mengikuti acara tryout seleksi masuk UGM.

3. Menyiapkan dokumen penunjang

Menyiapkan dokumen (cdtalaw.com)

Kamu perlu menyiapkan dokumen-dokumen penting untuk pendaftaran SNMPTN, SBMPTN, atau Ujian Tulis UGM dengan teliti. Simpan dokumen-dokumen itu agar mudah saat nanti memasukan data pendaftaran.

4. Selalu semangat dan kuatkan niat

Kalian harus selalu semangat buat belajar gengs. Kuatkan tekad dan selalu jaga motivasi agar mau terus latihan soal SBMPTN dan Ujian Tulis UGM. Tanyakan dan selalu ingatkan diri, kenapa kalian mau masuk UGM. 

5. Menyiapkan fisik dan jaga kesehatan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"