Ini Penyebab Tukang Cukur Rambut Banyak Berasal dari Garut

Ini Penyebab Tukang Cukur Rambut Banyak Berasal dari Garut

Banyak tukang cukur rambut di Indonesia berasal dari Garut, Jawa Barat. Beberapa tempat pangkas rambut atau barbershop juga sering ditambahkan tagline AsGar atau Asli Garut yang menandakan si kapster atau tukang cukur di tempat itu berasal dari Garut.

Kabupaten yang dekat dengan Tasikmalaya itu memang menghasilkan tukang cukur rambut yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Dikutip dari buku Lebih Dekat Kumelihat Indonesia karya Achmad San, terungkap alasan Garut  banyak memiliki orang dengan profesi cukur rambut.

Pemberontakan Darul Islam / Tentara Islam Indonesia atau DI/TII menjadi salah satu faktornya. Pemberontakan itu membuat banyak warga Garut mengungsi di beberapa daerah di pulau Jawa untuk menyelamatkan diri. Sebagai pendatang, banyak warga Garut yang memutuskan jadi tukang cukur.

Ilustrasi Tukang Cukur (Liputan6.com)

Banyak orang Garut yang akhirnya menjadi tukang cukur di beberapa daerah, mulai dari tukang cukur keliling hingga membuat pangkas rambut sendiri. Ketika mereka kembali ke kampung halaman, barulah mereka bercerita tentang kesuksesan jadi tukang cukur.

Kemudian banyak kerabat dan anak-anak muda di Garut yang semangat mengikuti jejak mereka jadi tukang cukur rambut.  Beberapa daerah penghasil tukang cukur rambut di Garut yang paling terkenal adalah Desa Bagendit, Wanaraja, Bina Karya, dan Banyuresmi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"