Ini Lho Fakta-Fakta tentang Kaki Kita, Udah Pada Tau Belom?

Ini Lho Fakta-Fakta tentang Kaki Kita, Udah Pada Tau Belom?

Ini lho fakta-fakta tentang kaki kita. Kalian udah tau belom?

3. Manusia ternyata udah pake sepatu dari jaman baheula

3. Manusia ternyata udah pake sepatu dari jaman baheula Sepatu tertua di dunia, keliatan kayak sepatu gak sih? (nytimes.com)

Kira-kira, kapan sih sepatu pertama kali digunakan oleh manusia? Jawabannya adalah sekitar 40 ribu tahun yang lalu. Itu menurut penelitian Washington University, St. Louis, Amerikas Serikat.

Dalam penelitian itu, mereka menganalisis tulang kaki Neanderthal dan manusia purba.

Studi itu menunjukkan bahwa spesimen yang lebih tua memiliki jari kaki yang lebih tebal dan lebih kuat. Kemungkinan, kaki-kaki mereka beradaptasi dengan kegiatan yang mereka lakukan seperti menapaki tanah saat mereka berjalan tanpa alas kaki.

Sementara, sepatu tertua di dunia diketahui telah berumur 5.500 tahun. Sepatu kuno itu ditemukan di sebuah gua di Armenia dan terkubur dalam kotoran domba.

4. Ukuran kaki gak ada kaitannya dengan ukuran penis

4. Ukuran kaki gak ada kaitannya dengan ukuran penis Gak ada, gak ada kaitannya gengs~ (theidleman.com)

Buat para laki-laki yang masih percaya dengan anggapan bahwa ukuran kaki punya kaitan dengan ukuran penis ... bisa keliru nih.

Sebuah penelitian yang terbit tahun 2015 lalu peneliti mengumpulkan data dari 17 studi yang mencakup pengukuran penis. Penelitian itu melibatkan lebih dari 15 ribu responden pria di seluruh dunia.

Hasilnya, hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa ukuran penis punya kaitan dengan tinggi badan, massa tubuh, maupun ukuran sepatu.

5. Di Inggris, ukuran dan lebar kaki orang dewasanya bertambah

5. Di Inggris, ukuran dan lebar kaki orang dewasanya bertambah Ukuran kaki di Inggris bertambah (thstravel.com)

Struktur kaki bisa jadi lebih lebar demi mendukung berat badan kita. Menurut stui yang dilakukan tahun 2014 lalu oleh College of Pediatry di Inggris, pertumbuhan rata-rata kaki di sana telah meningkat dua kali dari ukuran semula sejak dekade 1970-an.

Jika seseorang tumbuh lebih tinggi dan bobot badannya lebih berat, kaki akan meresponsnya dengan ikut melebar pula. Sebaliknya, banyak orang masih menyangkal hal ini.

Sekitar separuh perempuan dan sepertiga laki-laki di Inggris melaporkan bahwa mereka membeli sepatu yang tidak pas. Sementara ahli penyakit mengatakan bahwa sepatu yang gak sesuai dengan ukuran kaki adalah penyebab sebagian besar masalah kaki. Terutama di kalangan perempuan lho.

Nah, itu deh deretan fakta tentang kaki. Jadi, yuklah lebih memperhatikan kaki kita. Penting banget soalnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"