Ini Lho Cara Mudah untuk Menjaga Kebersihan Air, Gampang Kok

Ini Lho Cara Mudah untuk Menjaga Kebersihan Air, Gampang Kok

Dulu, kata Joshua Suherman dalam lagunya Diobok-obok, "Air ada banyak". Dan, air adalah salah satu sumber kehidupan manusia. Tentu, karena kita tak bisa hidup tanpa air. Tapi, apakah kita sudah memperlakukan sumber kehidupan ini dengan baik? Dilansir dari National Geographic, berikut ini cara-cara mudah untuk menjaga kebersihan air.

gastronomictourist.com

1. Mendaur ulang barang bekas

Sungai kerap menjadi sasaran utama pembuangan barang-barang yang tidak didaur ulang. Dari yang paling kecil seperti puntung rokok, hingga yang paling besar sekalipun. Setiap salah satu dari kita membuang barang-barang itu ke aliran sungai, kita turut menyumbang efek yang buruk di masa depan. Maka, ada baiknya kita lebih bijak dengan mendaur ulang barang-barang ketimbang membuangnya ke sungai begitu saja.

2. Kurangi penggunaan bahan kimia

Meminimalisir, atau menghilangkan, kebiasaan kita menggunakan bahan kimia mampu memperbaiki kualitas air dan lingkungan. Ini adalah cara yang tepat untuk melindungi kawasan perairan. Sebab, bahan kimia larut ke dalam air, dan bahan itu menghancurkan ekosistem.

slipups.ru

3. Buang bahan kimia dengan tepat

Bahan kimia berbahaya seperti cat, oli motor, atau cairan pembersih apa pun tentu merusak kualitas air. Makanya, jangan sembarangan buang bahan-bahan kimia itu langsung ke sungai. Sebab, masih banyak makhluk hidup yang menggantungkan hidupnya di sungai. Jika lingkungan perairan seperti sungai rusak, kita turut menghancurkan kehidupan mereka.

4. Gunakan air seperlunya

Demi menjaga kualitas air, kita bisa melakukan langkah sederhana. Yakni dengan mengurangi penggunaan air secara berlebihan. Misalnya dengan berlama-lama mengucurkan keran air di bak mandi, dan lain sebagainya. Jika dilihat kembali, sebenarnya banyak penggunaan air di lingkungan kita yang kurang perlu. Maka lakukanlah sekarang dan rasakan manfaatnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"