Ini Fakta Unik dari Uang Pecahan Rp 50 Ribu Edisi WR Soepratman yang Belum Banyak Diketahui

Ini Fakta Unik dari Uang Pecahan Rp 50 Ribu Edisi WR Soepratman yang Belum Banyak Diketahui

Uang.. uang.. uang.. segalanya akan mudah dengan uang. Siapa yang tak kenal uang. Semua manusia pasti butuh uang. Entah pecahan 1 ribu, 2 ribu, 5 ribu, 10 ribu, 20 ribu, 50 ribu, bahkan 100 ribu. segala aktifitas manusia yang berkaitan dengan jual beli past membutuhkan uang meski kini keberadaannya mulai tergeser dengan adanya sistem pembayaran nontunai.

Masih berkaitan dengan uang, baru-baru ini heboh pecahan uang Rp 75 ribu edisi khusus HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang dapat bernyanyi saat dilakukan scan barcode. Sungguh unik, bukan? Eits, tunggu dulu! Ternyata fakta unik pecahan uang rupiah keluaran Bank Indonesia sudah dimulai sejak dulu loh. Salah satunya ada pada pecahan Rp 50 ribu.

Uang kertas ini pertama diedarkan pada tahun 1993 dengan wajah Presiden RI ke-2 Soeharto, dan yang terbaru diedarkan tahun 2005 dengan wajah I Gusti Ngurah Rai.

Hingga saat ini, sudah ada tiga desain untuk uang pecahan Rp 50 ribu tersebut.

Masih ingatkah kalian dengan uang Rp 50 ribu lama yang bergambar sosok berpeci dan berkacamata? Ya, sosok tersebut adalah Pencipta Lagu Kebangsaan "Indonesia Raya". Beliau adalah Wage Rudolf Soepratman. Namun, siapa sangka uang keluaran tahun 1999 ini memiliki fakta unik? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pecahan Rp 50 ribu (Tribunnew.com)

Jika diperhatikan baik-baik. Di sebelah tanda tangan Dewan Gubernur Bank Indonesia, akan terlihat deretan tulisan yang begitu kecil dan rapi.

Bila dilihat menggunakan kaca pembesar, jelaslah sudah bahwa deretan tulisan tersebut merupakan lirik lagu "Indonesia Raya". Tujuannya, mungkin menyesuaikan dengan sosok WR Soepratman yang terdapat di pecahan uang kertas tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"