Ini Dia Sosok Dosen yang Dikenal Paling Kaya di Dunia, Jumlah Hartanya Bikin Syok

Ini Dia Sosok Dosen yang Dikenal Paling Kaya di Dunia, Jumlah Hartanya Bikin Syok

Sosok James Harris Simons sudah banyak dikenal sebagai seorang dosen yang paling kaya di dunia. Pria yang biasa disapa Jim Simons ini merupakan dosen matematika yang diketahui hartanya sudah mencapai Rp 428,1 triliun.

 

Menurut laman Forbes Rabu (28/2/2023), pria berusia 84 tahun tersebut menduduki posisi 47 orang terkaya di dunia. Simons sendiri merupakan dosen lulusan California University, Barkeley (1961), lalu melanjutkan karirnya sebagai dosen matematika di Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Harvard University.

 

Untuk bisa sukses dengan karirnya, Simons harus melewati banyak rintangan. Dirinya sempat dipecat saat mengajar di Stony Brook University karena memberikan berita miring soal perang dunia di Vietnam (1970).

Sosok James Harris Simons yang disebut sebagai dosen terkaya di dunia (idx channel)

 

Ia juga sempat bekerja sebagai staf riset di lembaga kementerian pertahanan Amerika Serikat hingga beralih ke bidang keuangan.

 

Kini, Simons menduduki posisi sebagai CEO sekaligus pendiri Renaissance Technologies, yakni sebuah perusahaan yang mengelola investasi atau biasa disebut ‘trading’, dengan basis matematika maupun statistik. Ia menjabati posisinya itu sejak tahun 1982. Dan dari situlah harta kekayaannya berasal.

 

Dikutip dari TED melalui sesi wawancaranya di tahun 2015, Simons menjelaskan bila perusahaannya itu memakai algoritma trading yang dibentuk dengan kumpulan jutaan data mulai dari keuangan, ekonomi, transaksi, tren historis dan pola harga berukuran terabyte dalam sehari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"