Ini Cara Menggunakan Mesin Cuci yang Tepat, Yuk Nyuci Gengs!

Ini Cara Menggunakan Mesin Cuci yang Tepat, Yuk Nyuci Gengs!

Apakah kalian sering nyuci di rumah pake mesin cuci? Yuk, pastikan cara kalian mencuci udah benar.

Apakah kalian punya mesin cuci tapi nggak tau cara pakainya? Atau kalian udah sering pake mesin cuci tapi nggak tau apa caranya udah bener? 

Sebenernya ada hal-hal yang penting dilakuin saat nyuci pake mesin cuci. Hal ini biar pakaian beenr-bener bersih, nggak rusak, dan mesin cuci tetep awet. Ikuti cara-cara menggunakan mesin cuci yang tepat berikut ini.

Mesin Cuci (Ryan McGuire/Pixabay)

Sebelumnya, harus diingat kalo kalian perlu membaca buku panduan mesin cuci. Kadang, mesin cuci tertentu punya cara pakai yang berbeda. Tapi berikut ini adalah hal-hal penting yang umum diperhatikan:

1. Pisahkan baju putih dan berwarna

Baju berwarna putih harus dipisahkan dengan baju yang berwarna dan mudah luntur.

Hal ini penting biar bajunya nggak kena lunturan. Kan sayang kalo warnanya jadi nggak enak diliat karena terkena warna luntur.

2. Pastikan mesin cuci punya sumber air dan listriknya

Pastikan mesin cuci kalian punya sumber air dan listrik untuk mencuci. Sumber airnya bisa berupa selang yang ngehubungin mesin cuci dengan keran air. Listik dipakai buat nyolokin kabel mesin cucinya agar bisa dipakai.

3. Baca label di kemasan deterjen

Kalo mau masukin deterjen, bacalah label takaran di bungkus deterjen kalian. Cucilah sesuai aturan takarannya. Perlu diinget, deterjen yang jumlahnya terlalu banyak belom tentu bikin cucian bersih.

4. Jangan kebanyakan masukin pakaian

(pocket-lint.com)

Kalian perlu tau berapa kapasitas maksimal untuk bajunya. Jangan masukin banyak pakaian melebihi kapasitas. Nanti mesin cucinya cepet rusak.

5. Tutup pintu mesin cuci

Tutuplah pintu mesin cuci. Tapi, ada beberapa model mesin cuci yang bisa nutup otomatis sampai proses pencucian selesai.

6. Pilih siklus pencucian

Sebagian mesin cuci punya pilian pengaturan menurut bahan pakaiannya. Kalian juga perlu milih kecepatan putarnya kalo ada fitur ini di semin cuci. Setelah pilih pengaturan ini, kalian baru bisa tekan tombol 'start'.

Kemudian, kalo mesin cuci kalian nggak otomatis, mesin akan berhenti muter waktu proses nyuci selesai. Kalo udah, kalian bisa isi ulang air dengan pilih siklus pembilasan atau rinse.

Itulah beberapa cara menggunakan mesin cuci. Selamat nyuci.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"