Info Penting Buat Pejuang CPNS 2021! Ini Bocoran Materi Tes SKD CPNS 2021, Termasuk Materi TWK, TIU, dan TKP

Info Penting Buat Pejuang CPNS 2021! Ini Bocoran Materi Tes SKD CPNS 2021, Termasuk Materi TWK, TIU, dan TKP

Halo, sobat pejuang PNS! Sejak tanggal 2 Agustus lalu beberapa instansi pemerintahan telah mengumumkan siapa saja peserta yang lolos administrasi pendaftaran CPNS 2021. Nah, sambil menunggu pengumuman selanjutnya, ada baiknya para peserta mempelajari dan memahami materi apa saja yang kelak akan diujikan.

Untuk diketahui, materi tes SKD CPNS 2021 terdiri dari tiga tes. Di antaranya Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Informasi resmi dari Instagram Kantor Regional (Kanreg) III Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bandung, ada beberapa perubahan dalam SKD tahun ini.

Pada SKD CPNS 2021 ini, nilai ambang batas atau passing grade untuk TKP naik menjadi 166, mengikuti penambangan materi soal TKP yaitu anti radikalisme. Nilai tertinggi SKD adalah 550, dengan durasi pengerjaannya adalah 100 menit.

Khusus untuk pelamar penyandang disabilitas sensorik netra yang melamar kebutuhan khusus penyandang disabilitas, waktu pelaksanaan SKD akan diberikan selama 130 menit. Berikut materi tes SKD CPNS 2021 mulai dari TIU, TWK dan TKP.

Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Pan-RB) Nomor 1023 Tahun 2021.

Materi Tes Intelegensi Umum (TIU) untuk seleksi CPNS tahun 2021 ini berjumlah 35 soal sama seperti tahun sebelumnya. Peserta yang menjawab benar pertanyaan TIU akan mendapat nilai 5, dan jika peserta salah atau tidak menjawab mendapat nilai 0.

Ilustrasi Ujian SKD CPNS 2021 (Pikiran Rakyat)

Pertanyaan yang tidak dijawab juga akan mendapatkan nilai 0. Materi TIU yang akan diujikan di antaranya adalah sebagai berikut:

- Kemampuan Verbal

- Kemampuan Numerik

- Kemampuan Figural

TWK atau Tes Wawasan Kebangsaan CPNS 2021

Lebih lanjut, jumlah soal SKD yang akan diujikan pada TWK yaitu 30 soal. Jawaban benar untuk materi TWK akan mendapatkan nilai 5, dan jawaban salah mendapat nilai 0. Sedangkan pertanyaan yang tidak dijawab mendapat nilai 0. Berikut ini poin-poin yang akan diujikan pada TWK:

Nasionalisme: mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.

Bela negara: mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.

Integritas: mampu menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.

Pilar negara: mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Bahasa Indonesia: mampu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

TKP atau Tes Karakteristik Pribadi CPNS 2021

Adapun, jumlah soal SKD Tes Karakteristik Pribadi (TKP) tahun ini tidak sama seperti 2019 lalu, di mana tahun ini jumlah soal bertambah menjadi sebanyak 45 soal.

Kriteria penilaiannya juga tidak sama seperti TIU dan TWK, tetapi menggunakan sistem tingkatan. Jawaban yang paling sesuai akan mendapat nilai 5, lalu 4, 3, 2, dan terakhir 1.

Namun yang perlu diperhatikan, jika peserta tidak menjawab justru tidak akan mendapatkan nilai alias 0.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"