India Resmikan Patung Tertinggi di Dunia Meski Menuai Protes

India Resmikan Patung Tertinggi di Dunia Meski Menuai Protes

Patung tertinggi di dunia diresmikan pada Rabu (31/10/2018) kemarin di India. Peresmiannya dilakukan oleh Perdana Menteri India Narendra Modi di negara barat Gujarat. Peresmian patung tersebut dijaga ketat oleh aparat keamanan.

Sosok dalam patung itu adalah Sardar Vallabbhai Patel, seorang pemimpin kemerdekaan India. Patung ini dikenal sebagai 'Patung Persatuan' dengan tinggi mencapai 182 meter. 

Konstruksi Patung Sardar Patel (gmanetwork.com)

Patel sendiri adalah seorang menteri dalam negeri pertama di India. Ia menjabat di pemerintahan baru India setelah pemerintahan kolonial Inggris berakhir pada 1947.

"Untuk membangun patung ini, ratusan ribu petani dari seluruh India datang bersama-sama untuk menyumbangkan peralatan mereka, bagian dari tanah mereka, dan gerakan massal yang dikembangkan di sekitar patung itu," tutur Modi dalam pidatonya, sebagaimana dikutip dari Liputan6.com.

Nehru, Gandhi, dan Patel(fr.wikipedia.org)

Patung Sardar Patel dua kali lebih tinggi dari patung Liberty di New York, Amerika Serikat. Bahkan, lebih tinggi 50-an meter dari Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali setinggi 130 meter.

Patung Persatuan ini dilapisi perunggu dan dibangun dengan konstruksi hampir 100 ribu ton baja dan beton. Di lokasi ini juga didirikan museum yang didedikasikan untuk hidup dan karya Patel. Museum itu memuat 40.000-an dokumen, 2.000 foto, serta pusat penelitian.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"